LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) LOKASI SMP N 2 TEMPEL

Citra Hanum Wardhani, Citra Hanum Wardhani (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) LOKASI SMP N 2 TEMPEL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
IPA_CITRA HANUM WARDHANI_13312244013.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengenalan Lapangan merupakan implementasi salah satu butir Tri Dharma Pergutuan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat dalam hal ini masyarakat sekolah. Kegiatan PPL menuntut mahasiswa untuk bias berkreasi dalam penerapan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama belajar di Universitas Negeri Yogyakarta dan kemudian dikembangkan dalam kegiatan kependidikan sebagai pendidik. Program PPL ini dimulai dengan melakukan pemilihan sekolah, observasi, pembekalan dan pelaksanaan. Program PPL dilaksanakan selama dua bulan dari tanggal 15 Juli sampai 15 September dengan 240 Jam. Kegiatan yang dilakukan meliputi kegiatan mengajar dan non mengajar. SMP Negeri 2 Tempel merupakan salah satu sekolah yang menjadi tempat praktik pengalaman lapangan yang beralokasi di jalan Balangan, Barongan, Banyurejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta. Masingmasing terdiri dari 5 kelas untuk kelas VII. VIII, dan IX. Dalam hal ini, siswa merupakan sasaran kegiatan PPL. Praktik persekolahan ini dimaksudkan untuk mengetahui, memahami dan melibatkan mahasiswa secara langsung pada kegiatan sekolah. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 RPP, namun mahasiswa dapat melakukan kegiatan pembelajaran di kelas lebih dari batas minimum tersebut dalam satu kelas. Kelas yang digunakan untuk kegiatan PPL adalah kelas VIII A dan VIII B . Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain observasi, ceramah, diskusi kelompok dan lembar tugas indivisu. Banyak kendala dalam pel aksanaan PPL , terutama pengelolaan kelas karena sulitnya siswa untuk dikondisikan. Namun hal ini bukanlah suatu hambatan, yang berarti, karena memang perkembangan anak usia SMP sedang dalam proses pencarian jatidiri dan besarnya rasa ingin tahu mereka terhadap teman-temannya. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasama dan kerja keras semua pihak Tim PPL UNY dan seluruh warga sekolah. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL UNY 2016, Pembelajaran, SMP N 2 Tempel
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jun 2017 03:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50179

Actions (login required)

View Item View Item