KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN

Handiyani, Nuri (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI_Nuri Handiyani_12201241016.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 20 March 2022.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada perbedaan keterampilan menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan model pembelajaran problem based instruction dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan metode konvensional, (2) menguji keefektifan model pembelajaran problem based instruction dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest dan control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Validitas yang dilakukan adalah validitas isi dengan expert judgement dan reliabilitas dihitung menggunakan teknik konsistensi internal alpha cronbach. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes menulis teks berita. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor pascates antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa thitung sebesar 6,278 pada taraf signifikansi 5% dengan db 54 dan p sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan ada perbedaan kemampuan menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan model pembelajaran problem based instruction dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan metode konvensional. Setelah dilakukan uji prates dan pascates masing-masing kelompok, terlihat bahwa thitung kelompok eksperimen sebesar 7,421 pada taraf signifikansi 5% dengan db 27 dan nilai p sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based instruction efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa. Hasil perhitungan gain score menunjukan kelompok eksperimen sebesar 11,43 dan kelompok kontrol sebesar 10,18.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: problem based instruction, menulis, teks berita.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Jun 2017 05:50
Last Modified: 30 Jan 2019 14:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50177

Actions (login required)

View Item View Item