LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA

Suryaningtyas Budi Astuti, Suryaningtyas Budi Astuti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia_Suryaningtyas Budi Astuti_13201241032.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiwa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Dibangku kuliah, mahasiswa menerima ilmu yang bersifat teoretis. Oleh karena itu, pada saat PPL ini, mahasiwa berkesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori yang telah diterima dan sekaligus menimba ilmu secara empirik, tidak sekadar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh lagi, mahasiswa juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut, tidak hanya dalam situasi simulasi tetapi dalam situasi sesungguhnya. Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 yang berlokasi di SMP Negeri 14 Yogyakarta dilaksanakan pada 15 Juli 2016 - 15 September 2016. Pada tahap persiapan, mahasiswa melakukan konsultasi dengan guru pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan obervasi peserta didik serta kondisi fisik sekolah. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa melaksanakan 8 kali praktik mengajar di kelas VII A, VII B, VII C, dan VII D. Untuk program insidental, mahasiswa praktik mendapatkan permintaan dari salah satu guru mata pelajaran TIK dan Pendidikan Agama Islam untuk menjaga dan memberikan tugas di kelas IX D dan VII C. Banyak kendala dan hambatan dalam melakukan PPL baik yang berasal dari intern maupun ekstern. Akan tetapi, semua itu merupakan sebuah proses untuk menjadi lebih baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Mahasiswa juga dapat meningkatkan pengertian, pemahaman, dan penghayatan mengenai pelaksanaan pendidikan, mendapat kesempatan untuk mempraktikkan bekal yang telah diperoleh selama proses perkuliahan ke dalam proses pembelajaran dan kegiatan pendidian yang lain serta mampu mendewasakan cara berpikir dan meningkatkan daya penalaran dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah kependidikan yang ada di sekolah. Melalui terlaksananya kegiatan PPL ini, diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Jun 2017 06:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50145

Actions (login required)

View Item View Item