PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP

Dwihantoro, Arif and Hartono, Hartono (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, UNY.

[img] Text
BAB 0.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
TAS_ARIF DWIHANTORO_13301244012_PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Peneilitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Aritmatika Sosial untuk siswa kelas VII SMP dan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari analysis (analisis), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen penelitian ini adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran, angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan perangkat pembelajaran, dan tes hasil belajar siswa yang terdiri dari tujuh soal uraian untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa lima RPP dan lima LKS berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi aritmatika sosial untuk siswa kelas VII SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas perangkat pembelajaran ditinjau dari aspek kevalidan memenuhi kriteria valid dengan perolehan skor rata-rata 4,08 dari skor maksimal 5 untuk RPP dan 4,04 dari skor maksimal 5 untuk LKS, aspek kepraktisan memenuhi kriteria sangat praktis dengan perolehan skor rata-rata 3,45 dari skor maksimal 4, dan aspek keefektifan memenuhi kriteria sangat efektif dengan persentase ketuntasan mencapai 85,3%. Kata kunci: perangkat pembelajaran, CTL, aritmatika sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 21 Jun 2017 05:59
Last Modified: 30 Jan 2019 14:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50107

Actions (login required)

View Item View Item