LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI LEMPUYANGAN 1 JL. TUKANGAN NO.6 TEGAL PANGGUNG, DANUREJAN, YOGYAKARTA

RIFKA ANISA, RIFKA ANISA (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI LEMPUYANGAN 1 JL. TUKANGAN NO.6 TEGAL PANGGUNG, DANUREJAN, YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. RIFKA ANISA_NIM 13108241173_LAPORAN INDIVIDU_PPL_A040_UNY.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Pengajaran Praktik Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik PPL ini bertujuan mendapatkan pengalaman mengenai kegiatan mengajarmaupun non mengajar yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Praktikan diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan di SD Negeri Lempuyangan 1. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu observasi lokasi dan kegiatan, pelaksanaan PPL, evaluasi kegiatan PPL, hingga penyusunan laporan PPL. Pelaksanaan PPL dimulai dari penerjunan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan penarikan 15 September 2016. Metode yang digunakan dalam pengajaran di dalam kelas yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab, active learning, dan cooperative learning. Program kerja yang disusun oleh tim PPL berdasarkan hasil observasi yaitu program 3 S, menyanyikan lagu Indonesia Raya, senam, Lomba Penyambutan HUT RI, mengganti guru mengajar, penyusunan RPP, dan penyembelihan hewan qurban. Adanya kegiatan PPL ini mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, Pelaksanaan PPL.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jun 2017 07:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50079

Actions (login required)

View Item View Item