LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMAN 2 YOGYAKARTA

Yonis Iman Sari, Yonis Iman Sari (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMAN 2 YOGYAKARTA. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
YONIS IMAN SARI_P.B.INGGRIS_13202244020.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah media pelatihan bagi calon pengajar. PPL menjadi media penerapan atas pengetahuan yang diperoleh mahasiswa selama menempuh studi di universitas. PPL merupakan mata kuliah wajib tempuh bagi seluruh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. PPL ini dilaksanakan di SMA 2 Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Bener, Tegalrejo. Diikuti oleh 20 mahasiswa dari program studi yang berbeda, PPL terlaksana dengan sukses. Program studi yang terlibat antara lain, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dam Sastra Indonesia, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, PKnH, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah. Tiap mahasiswa dibimbing oleh seorang guru pamong yang merupakan pengajar di SMA N 2 Yogyakarta. Penulis dibimbing oleh Bapak Kusworo, M. Pd yang juga merupakan Kepala Sekolah di SMA N 2 Yogyakarta. Pada praktikum ini, penulis berlatih mengajar siswa langsung. Mulai dari persiapan mengajar, pelaksanaan proses belajar mengajar hingga evaluasi proses pembelajaran. Di samping melaksanakan proses belajar mengajar dengan siswa, tugas lain juga dilaksanakan sebagai seorang calon pengajar. Contohnya adalah menjadi guru piket, dan juga terlibat dalam urusan administratif sekolah. Piket guru di antara lain berkaitan dengan surat izin siswa berkeperluan ke luar sekolah, izin pulang karena keperluan pribadi, menyampaikan tugas-tugas guru yang tidak dapat menghadiri proses belajar mengajar. Untuk urusan administratif antara lain mengikuti upacara, turut serta mengikuti kegiatan sekolah, dll Program PPL secara keseluruhan dapat terlaksana dengan baik tanpa hambatan berarti yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL. Meskipun demikian program PPL ini mampu melampaui target kuantitatif 128 jam dengan realisasi program 143 jam sehingga bisa dibilang program PPL ini telah berhasil mencapai target.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 20 Jun 2017 03:58
Last Modified: 20 Jun 2017 03:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50050

Actions (login required)

View Item View Item