LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA

Dwi Dara Septi Putriani, Dwi Dara Septi Putriani (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DWI DARA SEPTI P_Pendidikan Kimia_12314244014.pdf

Download (801kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta harus menempuh mata kuliah wajib sesuai kurikulum yang dicanangkan. Salah satu mata kuliah wajib tersebut adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang memiliki bobot 3 sks. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Praktikan diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Praktik Pengalaman lapangan (PPL) merupakan kelanjutan dari mata kuliah strategi pembelajaran kimia dan microteaching serta mata kuliah kependidikan yang lain. Bertujuan memberikan pengalaman yang nyata tentang realita kondisi kegitan pembelajaran siswa di kelas dan mengaplikasikan semua ilmu kependidikan yang sudah didapat ketika kuliah. Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pengabdian diri mahasiswa kepada masyarakat. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan di SMA N 2 Yogyakarta yang terletak di kota Yogyakarta selama 2 bulan sejak tanggal 15 Juli s/d 15 September 2016. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas X. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua setengah bulan di MAN Yogyakarta 1 ini dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang pendidikan Matematika yang diperoleh di bangku perkuliahan. Dengan pengalaman yang diperoleh selamaperkuliahan, mahasiswa dapat meminimalisir kesulitan yang ditemui ketika PPL. Dengan melaksanakan PPL, mahasiswa memperoleh gambaran bagaimana tugas seorang guru dengan demikian siap untuk melaksanakan tugas sebagai seorang guru setelah lulus.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jun 2017 02:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50032

Actions (login required)

View Item View Item