LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Anggita Dwi Wardan, Anggita Dwi Wardan (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ANGGITA DWI WARDANI_13302241023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman lapangan (PPL) adalah suatu langkah yang dapat memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuannya baik secara akademis maupun dengan tujuan memberikan hasil kerja nyata kuliah di UNY demi kemajuan pendidikan. PPL ini bertujuan mendapatkan pengalaman dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga sehingga penyusun dapat mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan yang dapat dijadikan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan PPL di SMA Negeri 2 Yogyakarta. PPL UNY semester khusus tahun 2016 yang berlokasi di SMA Negeri 2 Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli - 15 September 2016. Program PPL mencakup beberapa kegiatan, antara lain: observasi kelas, persiapan mengajar, pembuatan perangkat pembelajaran (RPP dan kisi-kisi instrumen penilaian), praktik kegiatan belajar mengajar, membuat media, penilaian, dan pelaksanaan pembelajaran insidental. Sebelum mahasiswa diterjunkan ke sekolah, mahasiswa terlebih dahulu mendapatkan pembekalan dan kuliah microteaching sebagai modal awal pengalaman mengajar. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan di kelas X MIIA 4, X MIIA 5, X MIIA 6, dan X MIIA 7 dengan jumlah pertemuan sebanyak 59 kali dan setiap pertemuan berdurasi 2 jam pelajaran dan 1 jam pelajaran. Pokok bahasan yang diajarkan adalah hakikat fisika, pengukuran, dan vektor yang mengacu pada Kurikulum 2013 (K-13). Program kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar. Selain itu, peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas juga memberikan kelancaran dalam program tersebut. Terlaksananya program PPL ini juga tidak terlepas dari dukungan dan bantuan pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Praktik Pengalaman Lapangan, Kegiatan Praktik Mengajar, Lingkungan Sekolah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jun 2017 02:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50029

Actions (login required)

View Item View Item