Musik Tari Japin Tahtul di Kota Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan: Bentuk, Perubahan Fungsi dan Nilai-Nilai Edukatif.

Noviyanti, Siti Risa (2017) Musik Tari Japin Tahtul di Kota Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan: Bentuk, Perubahan Fungsi dan Nilai-Nilai Edukatif. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-risa-noviyanti-15724251028.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk pertunjukkan musik tari Japin Tahtul di Kota Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan; (2) perubahan fungsi dalam musik tari Japin Tahtul; dan (3) nilai-nilai edukatif yang terdapat dalam Musik tari Japin Tahtul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnomusikologi dibantu dengan sejumlah ilmu tambahan yang meliputi sejarah, sosiologi, dan antropologi. Setting penelitian adalah Kota Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Bentuk pertunjukan Musik Tari Japin Tahtul di Kota Amuntai mengalami perubahan yang meliputi pemain, alat musik, teks lagu, kostum, pantun, tempat pertunjukan, dan waktu pertunjukan.(2)Perubahan fungsi Musik Tari Japin Tahtul yang semula hanya sebagai musik iringan tari sekarang dapat berdiri sendiri sebagai sebuah bentuk pertunjukan musik.(3)Nilai-nilai edukatif yang terkandung di dalam Musik Tari Japin Tahtul diambil dari segi musiknya yang meliputi teks lagu, alat musik, dan pantun.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Bentuk, perubahan fungsi, nilai-nilai edukatif
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:26
Last Modified: 09 May 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49973

Actions (login required)

View Item View Item