Pengembangan Metode Pembelajaran Sight Readingdengan Notasi 1/16 pada Mata Kuliah Solfeggio di Sekolah Tinggi Musik Bandung.

Sitompul, Anggy Nurullah Hotmauli (2017) Pengembangan Metode Pembelajaran Sight Readingdengan Notasi 1/16 pada Mata Kuliah Solfeggio di Sekolah Tinggi Musik Bandung. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anggy-nurullah-hotmauli-sitompul-15724251044.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengembangkan metode pembelajaran sight reading pada mata kuliah solfeggio di Sekolah Tinggi Musik Bandung, (2) menguji kelayakan pengembangan metode pembelajaran sight reading pada mata kuliah solfeggio di Sekolah Tinggi Musik Bandung dan (3) mengetahui efektivitas pengembangan metode pembelajaran sight reading pada mata kuliah solfeggio di Sekolah Tinggi Musik Bandung. Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan yang merupakan kombinasi antara prosedur pengembangan dari Borg & Gall dan Dick & Carey. Metode pengembangan ini mempunyai lima tahap, yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) produksi, (4) uji coba, dan revisi, serta (5) pemanfaatan dan penyebarluasan. Subjek uji coba terbatas terdiri dari 5 mahasiswa semester I yang mengambil mata kuliah Solfeggio di Sekolah Tinggi Musik Bandung.Subjek uji coba luas terdiri dari 34 mahasiswa semester I yang mengambil mata kuliah Solfeggio di Sekolah Tinggi Musik Bandung.Pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli produk dan materi, angket penilaian produk untuk mahasiswa, serta tes kemampuan sight reading mahasiswa. Teknik analisis data untuk menilai kelayakan produk menggunakan skala Likert, dan untuk menguji efektivitas produk menggunakan paired samples T-test dengan nilai probabilitas atau Sig. (2-tailed) < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan metode pembelajaran sight reading dengan notasi 1/16 ditinjau dari penilaian ahli mendapatkan kategori baik dan telah ditanyakan “layak diproduksi”. Hasil uji efektivitas produk dari perbandingan pretest dan posttest menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05, karena nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode sightreading dengan notasi 1/16 dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam membaca ritmis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, metode, sight reading, ritmis
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:04
Last Modified: 09 May 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49966

Actions (login required)

View Item View Item