LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Muhammad Iqbal, Muhammad Iqbal (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13511241047 Muhammad Iqbal.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai sarana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa baik dalam bidang pembelajaran dan administrasi di sekolah atau lembaga yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa. Memberikan pengalaman nyata tentang kegiatan pembelajaran serta administrasi baik didalam kelas maupun kelembagaan. Menerapkan ilmu penegtahuan yang dimiliki mahasiswa baik dalam hal pembelajaran maupun kegiatan diluar kelas. Memacu peningkatan kualitas baik untuk lembaga kependidikan dan UNY, serta memupuk hubungan kemitraan antara UNY dengan pemerintah daerah, sekolah atau lembaga pendidikan terkait. Program PPL mencakup beberapa kegiatan, antara lain: persiapan mengajar, observasi kelas, praktik kegiatan belajar mengajar, membuat media, juga pandampingan guru (asistensi). Sebelum mahasiswa diterjunkan ke sekolah, mahasiswa terlebih dahulu mendapatkan pembekalan dan kuliah micro teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar. Dalam praktik mengajar mahasiswa mengampu mata pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia di kelas XI Boga 1 dan dan XI Boga 2. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013. Praktik mengajar di dalam kelas dilakukan secara terbimbing, artinya dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, guru pembimbing mendampingi dan/atau memberikan pengawasan dan evaluasi. Materi yang diajarkan berupa teori dan praktek pengolahan serta penyajian makanan Indonesia. Kegiatan PPL ini telah memberikan begitu banyak manfaat, yaitu pengalaman nyata, pengetahuan, dan wawasan baru seputar dunia sekolah dan permasalahan yang terdapat di dalamnya. Mahasiswa juga semakin mengenal lingkungan sekolah dan berbagai macam proses kegiatan yang terjadi. Sekolah juga merupakan tempat melatih kemampuan kita untuk dapat menjalin hubungan yang baik, berinteraksi dengan pihak-pihak yang terkait dalam rangka proses belajar mengajar di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, Mengajar, Mahasiswa, Mata Pelajaran, Praktek
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2017 06:31
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49942

Actions (login required)

View Item View Item