LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI ADMINISTRASI DATA DAN PELAPORAN DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA

Fiera Laela R, Fiera Laela R (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI ADMINISTRASI DATA DAN PELAPORAN DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
catatan harian.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FIERA LAELA.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MATRIK KEGIATAN.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pengalaman belajar yang berhubungan dengan masyarakat, khususnya di dunia pendidikan. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bersifat aplikatif yang dilaksanakan guna mengaplikasikan apa yang telah didapatkan di kampus agar dapat diterapkan dan dikembangkan oleh mahasiswa di dunia kerja. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa sebagai calon tenaga kependidikan. Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan, di antaranya untuk mencetak calon-calon tenaga kependidikan yang kompeten. Kegiatan PPL yang dilakukan di Subbag Administrasi Data dan Pelaporan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, meliputi kegiatan pelayanan bagi guru, pendataan, dan administrasi sekolah yang berada di wilayah Kota Yogyakarta baik negeri maupun swasta. Kegiatan PPL ini mengarahkan mahasiswa kepada dunia kerja yang nyata. Mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang didapat selama kuliah ke dalam dunia kerja. Gambaran mengenai dinamika dunia kerja telah didapat oleh mahasiswa setelah melaksanakan PPL ini. PPL yang dilaksanakan ini selain memberikan pengalaman kerja, juga memberikan pengalaman pelaksanaan penelitian. Penelitian yang dilakukan di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta membuat mahasiswa lebih mengerti keadaaan nyata yang terjadi di lembaga pendidikan, mulai dari administrasi, program atau kegiatan yang dilakukan guna meningkatkan mutu pendidikan yang kesemuanya itu merupakan kebijakan dari pemerintah yang diawali dengan proses penelitian. Penelitian yang telah dilaksanakan ini membuat mahasiswa belajar bagaimana merumuskan kebijakan yang baik atas dasar permasalahan yang sedang dialami. Akhir dari proses penelitian ini juga menyadarkan mahasiswa bahwa setiap kebijakan yang dilaksanakan membutuhkan evaluasi untuk mendapatkan hasil terbaik. Dari hasil observasi yang telah dilaksanakan di Subbag Administrasi Data dan Pelaporan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta kemudian diwujudkan dalam sebuah penelitian mengenai analisis data pemenuhan sarana dan prasarana SMP Negeri tahun 2015/2016 di Kota Yogyakarta. Dalam pelaksanaannya penelitian ini banyak mengalami berbagai hambatan, namun hambatan tersebut dapat teratasi dengan baik atas kerjasama antara penulis dengan pihak Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah draft laporan hasil penelitian mengenai analisis data pemenuhan sarana dan prasarana SMP Negeri tahun 2015/2016 di Kota Yogyakarta.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Mahasiswa
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2017 03:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49926

Actions (login required)

View Item View Item