LAPORAN KEGIATAN PPL DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Ageng Mulrizna, Ageng Mulrizna (2016) LAPORAN KEGIATAN PPL DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13503241021_Ageng Mulrizna .pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa kependidikan sebagai sarana untuk mengabdikan dan mempraktikkan ilmu yang diperoleh selama kuliah di lembaga pendidikan yang sebenarnya dan dilaksanakan dalam rangka menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Melalui PPL, mahasiswa mengasah diri sesuai kompetensi program studi dan jurusan masing-masing dalam hal pembelajaran dan manajerial di sekolah, guna melatih dan mengembangkan empat kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional, juga memberi kesempatan mahasiswa untuk mengamati, mempelajari, dan memberikan solusi permasalahan–permasalahan yang ada di sekolah terkait dengan proses pembelajaran yang ada. PPL dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang berlangsung sejak tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 19 September 2016. Rancangan program PPL meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi akhir. Sebelum mengikuti kegiatan PPL, mahasiswa terlebih dahulu harus lulus Pembelajaran Mikro. Mahasiswa kemudian melakukan observasi pembelajaran di kelas, mempersiapkan rancangan pembelajaran, melaksanakan praktik mengajar, melaksanakan evaluasi, dan menyusun laporan akhir. Adapun rancangan program secara keseluruhan terdiri dari program PPL individu dan kelompok. Program Individu yang dijalankan yakni : Program mengajar yang terdiri dari Membuat RPP, Menyusun Materi Pembelajaran, Membuat Media Pembelajaran, Membuat Soal dan Tugas dan Mengajar Terbimbing, Mengajar Mandiri, Konsultasi dengan DPL, Konsultasi dengan Guru Pembimbing, Menilai dan Mengkoreksi Tugas/Soal ; Program Non-Mengajar yang terdiri dari Membuat Laporan, Piket Guru, Upacara Bendera, Kegiatan HUT RI SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Briefing, dan Rapat Koordinasi. Secara keseluruhan, kegiatan PPL di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta selama dua bulan dapat berjalan dengan lancar dan sepenuhnya terlaksana dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Praktik Pengalaman Lapangan, SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Bidang Akademik, Bidang Non – Akademik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2017 01:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49903

Actions (login required)

View Item View Item