LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi MAN YOGYAKARTA III

Alip Fatimah, Alip Fatimah (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi MAN YOGYAKARTA III. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13405241004_ALIP FATIMAH_ PEND. GEOGRAFI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktikum Pengalaman Lapangan atau di singkat PPL merupakan salah satu program yang dilakukan Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka mempersiapkan serta menghasilkan guru dan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan profesional. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah yang wajib di tempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Secara umum, kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan wahana bagi seorang calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk memperoleh pengalaman dan memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya kelak sebagai seorang pendidik dan tenaga kependidikan yang professional dan berdedikasi tinggi apabila telah menyelesaikan program studinya. Dalam pelaksanaanya, mahasiswa melakukan praktik pengalaman lapangan di MAN Yogyakarta III yang beralamat di Jl. Magelang Km 4, Sinduadi, Mlati, Sleman yang dilaksanakan selama 2 bulan terhitung dari tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016. Program PPL dilaksanakan untuk mengasah 4 kompetensi guru yang harus ada, meliputi kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Kegiatan pelaksanaan PPL, berupa praktik pembelajaran. Meskipun demikian, masih ada hambatan dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah maupun kesiapan dari mahasiswa sendiri. Pengetahuan mengenai inovasi cara mengajar juga diterapkan dalam kegiatan PPL, meliputi pengembangan media yang tepat dan menarik, dan penggunaan metode yang kontekstual sesuai keadaan siswa dan telah menerapkan Kurikulum 2013. Dalam kesempatan ini, mahasiswa memperoleh amanah mengampu mata pelajaran geografi di 2 kelas yaitu kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Materi yang disampaikan ialah bab 1 tentang Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia. Praktik mengajar yang dilakukan selama 6 minggu x 2 jam pertemuan (JP) pada masing-masing kelas. Prektik mengajar langsung pada masing-masing kelas dilakukan sebanyak 8 JP, 2 JP ulangan harian, dan 2 JP remidi dan pengayaan. Selain itu mahasiswa juga menggantikan guru mengajar di kelas XI IPS 3 saat guru sedang berhalangan hadir. Adapun program individu lain yang mahasiswa lakukan saat melaksanakan PPL ialah pelatihan ArcGis di kelas XII IPS bersama rekan satu jurusan. Pelatihan ini bertujuan sebagai pengenalan awal media pengolah peta pada Sistem Informasi Geografis. Pelatihan ini di sampaikan atas permintaan dari guru karena sesuai dengan materi yang sedang peserta didik pelajari yaitu Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis. Manfaat dari pelaksanaan praktik pengalaman lapangan, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran dengan pengalaman aktual yang diperoleh dari kegiatan terpadu ini. Selain itu kegiatan ini dapat melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar sesunggunya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang ada serta memberi bekal untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Serangkaian kegiatan PPL UNY 2016 di MAN Yogyakarta III memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan pribadi mahasiswa maupun lembaga sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL 2016, MAN Yogyakarta III
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2017 04:19
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49861

Actions (login required)

View Item View Item