Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry dan Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses, Keterampilan Pemecahan Masalah, dan Scientific Attitude Siswa Kelas V SD Se Gugus 1 Grabag Magelang

Ulfa, Anis Mufidah (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry dan Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses, Keterampilan Pemecahan Masalah, dan Scientific Attitude Siswa Kelas V SD Se Gugus 1 Grabag Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anis-mufidah-ulfa-15712251002.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh model pembelajaran berbasis guided inquiry terhadap keterampilan proses, keterampilan pemecahan masalah dan scientific attitude, (2) pengaruh model pembelajaran berbasis PBL terhadap keterampilan proses, keterampilan pemecahan masalah dan scientific attitude siswa, dan (3) perbedaan pengaruh model pembelajaran guided inquiry dan PBL terhadap keterampilan proses, keterampilan pemecahan masalah dan scientific attitude. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di gugus 1 kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Sampel penelitian ini adalah siswa SDN Grabag 1 dengan empat kelas paralel, dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan observasi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan independen sample t-test dan manova dua jalur dengan taraf signifikansi 5% yang pengujiannya menggunakan bantuan program SPSS versi 22,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran guided inquiry terhadap keterampilan proses, keterampilan pemecahan masalah, dan scientific attitude (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan proses, keterampilan pemecahan masalah, dan scientific attitude, dan (3) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan model guided inquiry dan problem based learning terhadap keterampilan proses, keterampilan pemecahan masalah, dan scientific attitude.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: guided inquiry, problem based learning, keterampilan proses, keterampilan pemecahan masalah, dan scientific attitude
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Jun 2017 04:17
Last Modified: 09 May 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49859

Actions (login required)

View Item View Item