LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN PENANANAMAN NILAI KEDISIPLINAN, NASIONALISME, DAN PATRIOTISME MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PASKIBRAKA DI DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA

Destyanto Sumarno Putro, Destyanto Sumarno Putro (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN PENANANAMAN NILAI KEDISIPLINAN, NASIONALISME, DAN PATRIOTISME MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PASKIBRAKA DI DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13110241028 - Destyanto Sumarno Putro.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pengalaman belajar yang berhubungan dengan masyarakat khususunya dunia pendidikan sehingga dapat mengidentifikasi permasalahan dan mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah praktek yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar mahasiswa Program Studi Kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta sebelumnya (termasuk mata kuliah pengajaran mikro). Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan diantaranya untuk mencetak calon tenaga kependidikan yang kompeten. Kegiatan PPL yang dilakukan di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta meliputi kegiatan administrasi surat masuk dan keluar, administrasi berita acara, rapat kegiatan di Bidang Pengembangan Kependidikan, seleksi Pertukaran Pelajar, Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka, dan lain-lain. Program individu utama yaitu Penanaman Nilai Kedisiplinan, Nasionalisme, dan Patriotisme melalui Program Pendidikan dan Pelatihan Pakibraka di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anggota Paskibraka. Setting penelitian ada di Kompleks Balaikota Kota Yogyakarta dan Asrama BPKB Provinsi DIY. Dan untuk memperoleh data, maka pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik analisa data kualitatif, yaitu data direduksi, penyajian data, dan yang terakhi adalah pengambilan kesimpulan. Dari program individu tersebut didapatkan suatu hasil yang menunjukan bahwa penanaman nilai kedisiplinan, nasionalisme, dan patriotisme melalui Program Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka ini diberikan melalui pembekalan materi dan juga praktek langsung. Para anggota Paskibraka ini dalam proses pendidikan dan pelatihan dilatih oleh TNI, Polri, dan juga PPI, yang kesemuanya merupakan ahli dalam bidang Paskibraka. Adapun sarana prasarana yang dibutuhkan dalam program ini dapat mencukupi. Dalam hal ini, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta sebagai fasilitator program

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Keyword: PPL, Paskibraka, Penanaman, Dinas Pendidikan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2017 02:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49839

Actions (login required)

View Item View Item