PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2016 LOKASI: SD NEGERI GOLO

NUR AZIZAH AINI SIDIK, NUR AZIZAH AINI SIDIK (2016) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2016 LOKASI: SD NEGERI GOLO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NUR AZIZAH AINI SIDIK_13108244057_LAPORAN INDIVIDU PPL 2.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

elaksanaan program PPL II semester khusus jurusan PGSD di Universitas Negeri Yogyakarta memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan khususnya dalam pendidikan sekolah dasar. Salah datu sekolah yang menjadi prioritas pengembangan yaitu SD Negeri Golo yang berlokasi di Kota Yogyakarta. Tujuan dari program PPL II khususnya di pendidikan dasar adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa PGSD dalam manajemen pembelajaran di sekolah; melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program PPL II ini dilaksanakann dengan teknis praktik mengajar terbimbing sebanyak empat kali yang dilaksanakan mulai tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 13 Agustus 2016 dan praktik mengajar mandiri sebanyak dua kali yang dilaksanakan tanggal 22 Agustus 2014 sampai dengan 03 September 2016, serta dilaksanakan ujian praktik mengajar dua kali mengajar yang dilaksanakan tanggal 08 September 2016 dan 09 September 2016. Masing-masing praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, dan ujian ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Tahap-tahap yang dilalui mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan PPL II meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL II meliputi tahap observasi sekolah dan pembuatan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Pada pelaksaanaan PPL II di SD Negeri Golo, dapat diungkapkan bahwa mahasiswa dapat menerapakan teori dan mengimplementasi ilmu kependidikan yang telah didapatkan saat perkuliahan, dengan harapan menjadi bekal yang bermanfaat agar dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional. Adapun beberapa hambatan yang ditemui dalam melaksanakan PPL, antara lain kurangnya koordinasi dalam aspek komunikasi baik dengan pihak terkait (SD N Golo) maupun dengan DPL sendiri, dalam proses pembelajaran meliputi, alokasi waktu kurang, penguasaan kelas, kurangnya refleksi dari guru kelas yang menilai proses pembelajaran yang dilakukan mahasiswa PPL dan materi yang terus berkembang, namun di sisi lain hambatan tersebut juga dapat dijadikan bahan refleksi dan perbaikan dan dijadika kritik yang membangun untuk bisa lebih profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, SD Negeri Golo
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49794

Actions (login required)

View Item View Item