LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) II UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

AFRINDA PRADITA, AFRINDA PRADITA (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) II UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
AFRINDA PRADITA_13108241009_LAPORAN INDIVIDU PPL 2.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu rangkaian mata kuliah yang wajib diikuti mahasiswa. . Program PPL II Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus 2016 memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY dalam meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan . PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman mengajar dalam mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, menerapkan ilmu pengetahuan dan kemampuannya dalam proses pembelajaran sekolah dan mampu memecahkan permasalahan serta memahami perihal persekolahan. PPL II dilaksanakan di SD Negeri Golo selama 2 bulan dimulai tanggal 18 Juli sampai dengan 17 September 2016 pada periode semester khusus. Pelaksanaan PPL dilakukan pada kelas II sampai dengan kelas V dengan jumlah 218 siswa Pelaksanaan kegiatan PPL II meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL II meliputi tahap observasi sekolah dan pembuatan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak empat kali yang dilaksanakan mulai tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 13 Agustus 2016 dan praktik mengajar mandiri sebanyak dua kali yang dilaksanakan tanggal 22 Agustus 2014 sampai dengan 03 September 2016, serta dilaksanakan ujian praktik mengajar dua kali mengajar yang dilaksanakan tanggal 08 September 2016 dan 09 September 2016. Praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, dan ujian ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pada pelaksaanaan PPL II di SD Negeri Golo, dapat diungkapkan bahwa mahasiswa dapat menerapkan teori dan mengimplementasi ilmu kependidikan yang telah didapatkan saat perkuliahan, dengan harapan menjadi bekal yang bermanfaat agar dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional. Adapun beberapa hambatan yang ditemui dalam melaksanakan PPL, antara lain kurangnya komunikasi dengan guru pendamping lapangan, alokasi waktu kurang, penguasaan kelas, kurangnya refleksi dari guru kelas yang menilai proses pembelajaran yang dilakukan mahasiswa PPL dan materi yang terus berkembang, namun di sisi lain hal tersebut juga untuk kebaikan mahasiswa agar bisa lebih baik lagi dan menjadi motivasi agar lebih mengembangkan kemampuan yang dimiliki mahasiswa dalam dunia kependidikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Mengajar, SD Negeri Golo
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 14 Jun 2017 03:57
Last Modified: 14 Jun 2017 03:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49791

Actions (login required)

View Item View Item