LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD N GEDONGKIWO YOGYAKARTA

Heni Septia Saputri, Heni Septia Saputri (2016) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD N GEDONGKIWO YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAP_PPL_HENI SEPTIA SAPUTRI_13108241075_PGSD.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 dilaksanakan pada semester khusus bulan Juli sampai September 2016. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SD N Gedongkiwo adalah salah satu SD yang bekerja sama dengan UNY yang digunakan untuk menjadi salah satu lokasi PPL pada tahun 2016. Tujuan dari progra serta praktik mengajar insidental PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah, memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 8 mahasiswa dari program studi PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar). Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar sebanyak 4 kali terbimbing, 4 kali mandiri praktik yang dilaksanakan mulai tanggal 8 Agustus 2016 sampai dengan 1 September 2016 dan dilaksanakan ujian praktik mengajar dua kali yang dilaksanakan pada tanggal 5 September 2016 dan 8 September 2016. Praktik mengajar ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.. Sementara program non mengajar yang dilaksanakan diantaranya penulisan administrasi sekolah, pembenahan administrasi kelas, menyambut kedatangan siswa, lomba peringatan HUT RI ke-70, upacara penurunan bendera peringatan HUT RI ke-70, upacara bendera, senam jumat bersama, dokumentasi praktik mengajar teman, bersih-bersih lingkungan sekolah, pendampingan ekstrakurikuler catur, dan penyusunan laporan. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi yang dipaparkan dalam BAB II. Tahapan persiapan PPL meliputi tahap observasi sekolah dan penyusunan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar 8 kali ditambah dengan ujian 2 kali. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Pada pelaksanaan program PPL di SD N Gedongkiwo berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, seperti ada beberapa kali jadwal mengajar yang tidak sesuai dengan waktu perencanaan, akan tetapi dengan kerja sama yang solid antara para mahasiswa PPL sehingga dapat mengatasi permasalahan yang ada. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri dan para guru yang sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, SD
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jun 2017 06:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49756

Actions (login required)

View Item View Item