LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD N GEDONGKIWO YOGYAKARTA

Erni Palupi, Erni Palupi (2016) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD N GEDONGKIWO YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAP_PPL_ERNI PALUPI_13108241043.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 15 Juli-15 September tahun 2016. PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, memberikan kesempatan untuk mengenal dan mempelajari permasalahan sekolah, serta meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner di sekolah. SD Negeri Gedongkiwo merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2016. Program PPL meliputi program mengajar dan program non mengajar. Program mengajar meliputi praktik mengajar terbimbing sebanyak 4 kali, praktik mengajar mandiri sebanyak 4 kali dan ujian praktik mengajar sebanyak 2 kali. Sementara itu, program non mengajar yang dilaksanakan diantaranya upacara bendera, apel pagi, menyambut kedatangan siswa, kerja bakti, pelatihan mengajar oleh USAID Prioritas, pendampingan teman mengajar, senam, administrasi guru, administrasi sekolah, perawatan taman tanaman obat keluarga, koordinasi dengan pihak sekolah, pelayanan perpustakaan, rapat koordinasi PPL, piket membersihkan basecamp, pendampingan belajar siswa, parenting, pendampingan ekstrakurikuler, lomba peringatan HUT Kemerdekaan RI, penyembelihan hewan kurban, pelayanan UKS, dan penyusunan laporan PPL. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil. Dari pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, Praktik Mengajar, SD
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jun 2017 06:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49754

Actions (login required)

View Item View Item