LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 1 PIYUNGAN

Fian Apriska, Fian Apriska (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 1 PIYUNGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Geografi_fian.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu lembaga pencetak tenaga pengajar berusaha meningkatkan kualitas pendidikannya agar menghasilkan lulusan yang unggul dan profesional serta siap bersaing di dunia kerja. Salah satu usaha tersebut adalah dengan diadakannya program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang pada periode kali ini berlangsung dari 15 Juli -15 September 2016. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah waji b yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Penyusun melakasanakan Pratik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Piyungan. Praktik pengalaman lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya. Hal ini tentunya akan sangat berguna untuk menjadi bekal sebagai calon tenaga pendidik. Selama pelaksanaan PPL ini mahasiswa juga diharapkan dapat terlatih kemampuannya dalam hal administrasi yang ada di lembaga sekolah, kegiatan siswa, dan guru serta ikut dalam perbaikan-perbaikan yang dilaksanakan lembaga sekolah yang bersangkutan. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan pra PPL yaitu pembekalan yang dilakukan oleh jurusan masing -masing, pembelajaran micro teaching guna mempersiapkan praktik mengajar, dan melakukan observasi sehingga dapat memperoleh gambaran tentang kegiatan p embelajaran di SMA N 1 Piyungan. Setelah melalui kegiatan observasi, mahasiswa dapat merumuskan berbagai program kerja yang akan dilaksanakan. Program Kerja PPL yang direncanakan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi di SMA N 1 Piyungan tahun 2016 ini meliputi: (1) Program mengajar, seperti observasi kelas, membuat RPP, konsultasi dan evaluasi dengan guru, membua t media pembelajaran, membuat soal tugas atau latihan, pelaksanaan praktik mengajar, mengoreksi tugas latihan siswa dan mendata nilai siswa; (2) program non mengajar, meliputi upacara di sekolah atau hari besar, mengikuti rapat guru, piket, membantu kegiat an di sekolah, rapat kelompok, penyusunan laporan PPL. Serangkaian program kerja PPL SMA N 1 Piyungan telah terlaksana dengan baik, walaupun terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya pengetahuan dalam pembuatan Perangkat Pembelajaran yang dapat diatasi dengan berkonsul tasi dengan guru pembimbing. Selain itu program mengajar di kelas memi liki tantangan juga dengan penyesuaian karakter peserta didik yang berbeda-beda, bagaimana cara menghidupkan suasana kelas agar peserta di dik termotivasi untuk belajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, SMA N 1 Piyungan, Pendidikan Geografi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jun 2017 02:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49721

Actions (login required)

View Item View Item