LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Dewi Vita Susana, Dewi Vita Susana (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL _DEWI VITA S_13401241016.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

UniversitasNegeriYogyakarta (UNY) sebagaisalah satulembaga yang menghasilkan tenaga kependidikantelahberusaha meningkatkankualitaspendidikan agarmampumenghasilkanlulusan yang lebihbaikdanlebihprofesional.Salahsatu model yangdipilih adalahpelaksanaanPPL (PraktikPengalaman Lapangan). Tujuan dari program ini untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata, melatih dan mengembangkan kompetensi kependidikan untuk bekal mahasiswa sebagai sumber daya pengajar yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan kelak ketika bergelut di dunia pendidikan yang sebenarnya. SMP N 15 Yogyakarta berlokasi di Jalan Tegal Lempuyangan No. 61, Bausasran, Danurejan, Yogyakarta merupakan sekolah yang berada ditengah-tengah kota Yogyakarta yang memiliki jumlah siswa mencapai 10 kelas untuk masing- masing angkatan. Program PPL di SMP N 15 Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanaan Praktik Pengalamaan Lapangan (PPL) UniversitasNegeri Yogyakarta Semester Khusus Tahun 2016 dengan praktikan jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum yang dalam pelaksanaan Praktik Pengalamaan Lapangan (PPL) praktikan mengajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VIII C, E dan H. Kegiatan Praktik Pengalamaan Lapangan (PPL) di SMP N 15 Yogyakarta praktikan memiliki kegiatan kelompok diantaranya piket Loby dan Perpustakaan. Selain program kelompok praktikan juga memiliki program individu, diantaranya tahap persiapan mengajar seperti pembuatan administrasi guru buku satu. Tahap pelaksanaan kegiatan diantaranya praktik mengajar didalam kelas dengan disertai mengerjakan administrasi guru buku dua. Sedangkan untuk tahap evaluasi dan tindak lanjut diantaranya pembuatan buku tiga dan kegiatan bimbingan dari guru selama proses praktik Pengalamaan Lapangan (PPL) di SMP N 15 Yogyakarta. Selama pelaksanaan praktik Pengalamaan Lapangan (PPL) ada beberapa hambatan yang mengakibatkan proses praktik mengajar di dalam kelas kurang maksimal, pelaksanaan RPP diawal kurang maksimal disebabkan keterbatasan pemahaman praktikan terhadap kondisi kelas, dan kurangnya variasi media pembelajaran yang di gunakan dikarenakan praktikan membagi waktu dengan KKN sehingga persiapan untuk PPL kurang maksimal . Namun secara keseluruhan hampir semua program terlaksana dengan baik. Keberhasilan programprogrampraktik Pengalamaan Lapangan (PPL) dapat memberikan manfaat yang sangat besar khususnya bagi praktikan maupun SMP N 15 Yogyakarta.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Praktik Pengalamaan Lapangan (PPL), SMP N 15 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jun 2017 00:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49707

Actions (login required)

View Item View Item