INTERAKSI SISWA SLOW LEARNER KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH 2 MAGELANG

Wati, Roh Dinia (2017) INTERAKSI SISWA SLOW LEARNER KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH 2 MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Roh Dinia Wati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk interaksi sosial siswa slow learner di kelas III SD Muhammadiyah 2 Magelang. Bentuk-bentuk interaksi sosial meliputi bentuk kerjasama, akomodasi, persaingan, kontravensi, dan menghadapi pertentangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan subjek seorang siswa slow learner di kelas III SD Muhammadiyah 2 Magelang. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas III, guru olahraga, dan empat teman siswa slow learner. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa slow learner memiliki interaksi sosial yang baik seperti mudah bergaul dengan siapapun. Dilihat dari bentuk kerjasama, siswa slow learner jarang melakukan piket namun membantu siswa lain. Bentuk akomodasi yakni siswa slow learner menunjukkan sikap senang saat tampil di hadapan umum dengan kegiatan selain membaca dan menulis, memiliki keberanian untuk bertanya kepada guru, dan mampu berkomunikasi serta bercanda secara wajar. Bentuk persaingan yakni siswa slow learner memiliki keinginan untuk mendapat nilai baik dan tidak memiliki keinginan untuk bersaing alat sekolah. Bentuk kontravensi yakni siswa slow learner jarang memberikan dan mengungkapkan kritik kepada siswa lain, menunjukkan ekspresi kurang senang apabila siswa lain melakukan kesalahan, dan tidak membeda-bedakan dalam berteman. Dalam menghadapi pertentangan, siswa slow learner tidak melerai saat terdapat siswa yang berkelahi, pernah terlibat pertengkaran baik secara kontak fisik maupun lisan, mengancam siswa lain masih pada tingkatan yang wajar, dan ikut menyalahkan siswa yang melakukan kesalahan. Kata kunci: interaksi sosial, siswa slow learner

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jun 2017 06:48
Last Modified: 30 Jan 2019 14:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49701

Actions (login required)

View Item View Item