LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

RISKA MEGA PRABANINGRUM, RISKA MEGA PRABANINGRUM (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Individu_Riska Mega Prabaningrum_13401241008_PKn.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)//Magang III adalah suatu program yang diadakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mentransfer, mentransformasikan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh. mahasiswa dalam kehidupan nyata di sekolah ataupun lembaga pendidikan. Dalam kesempatan ini, penulis melaksanakan praktik pengalaman lapangan di SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA yang beralamat di Jalan Hayam Wuruk No 18 kota Yogyakarta. Kegiatan PPL/Magang III yang dilaksanakan secara bertahap mulai dari persiapan, observasi lingkungan sekolah, perumusan program kerja, dan pelaksanaan program kerja hingga penyusunan laporan. KegiatanPPL/ Magang III itu sendiri bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau di lembaga, dalam rangka melatih atau mengembangkan kompetensi perguruan atau pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan, dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan, memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri, dan kelima ialah meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dengan pemerintah daerah sekolah dan lembaga terkait. Program kerja yang telah dilaksanakan merupakan suatu usaha dalam rangka mewujudkan tujuan- tujuan tersebut. PPL/ Magang III yang dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 15 Juli sampai 15 September di SMP 4 Negeri 4 Yogyakarta akan bermanfaat untuk semua pihak, bagi sekolah, perguruan tinggi, maupun mahasiswa. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 4 Yogyakarta penyusun mendapat kesempatan mengajar mata pelajaran PKN di kelas VII D, VII E, dan VIII B. Hasil yang dicapai dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, administrasi dalam proses pembelajaran (rencana pelaksanaan pembelajaran, kuis pembelajaran, kisi-kisi ulangan harian, kartu soal, kunci jawaban, presensi siswa, dan daftar nilai siswa), serta pengelolaan kelas untuk mencapai sebuah hasil yang optimal demi tercapainya efisiensi dan kualitas. Penyusun dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan ilmu yang dibidanginya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jun 2017 02:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49687

Actions (login required)

View Item View Item