LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA Jalan Tegal Lempuyangan, Bausasran, Danurejan No. 61 Yogyakarta

ASANDINI MEI JUNINGRUM, ASANDINI MEI JUNINGRUM (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA Jalan Tegal Lempuyangan, Bausasran, Danurejan No. 61 Yogyakarta. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL _ASANDINI M JUNINGRUM_13207241022.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa baik sebagai tenaga pendidik maupun sebagai administrasi kependidikan. PPL dilaksanakan dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga terkait dengan proses pembelajaran, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah didapat dan dikuasai selama mengikuti perkuliahan. Sebelum melaksanakan PPL, mahasiswa melakulan pembekalan PPL dan observasi kelas pada lokasi PPL, untuk mengetahui metode yang digunakan, media pembelajaran, dan lain sebagainya. Pelaksanaan PPL di SMP Negeri 15 Yogyakarta dilaksanakan selama 9 minggu dimulai sejak tanggal 15 Juli 2016 – 15 September 2016. Pada kesempatan ini mahasiswa mengajar mata pelajaran Prakarya Kerajinan Limbah Organik kelas VIII dengan jadwal mengajar pada hari Senin jam ke 3-4, 5-6 dan 7-8, Rabu jam ke 3-4, Kamis jam ke 1-2 dan 3-4, serta Jum’at pada jam 1-2. Pada tahap pertama mahasiswa melakukan konsultasi dengan guru pembimbing mengenai proses belajar mengajar. Kemudian, mahasiswa melakukan praktik pengajaran dengan didampingi guru pembimbing. Persiapan yang dilakukan sebelum kegiatan belajar mengajar antara lain membuat RPP dan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pembelajaran antara lain demontrasi, diskusi, tanya jawab, ceramah dan penugasan proyek . Dari hasil pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 15 Yogyakarta mahasiswa mengetahui metode mengajar dan mengetahui cara membuat administrasi guru dalam mengajar antara lain RPP, daftar hadir siswa, dan lembar penilaian. Selain itu juga melaksanakan tugas guru diluar kelas diantaranya sebagai guru piket 7K dan piket di ruang piket. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa melakukan praktik mengajar mata pelajaran Prakarya Pengolahan kelas VIII sebanyak 48 tatap muka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, Prakarya ,mengajar, SMP Negeri 15 Yogyakarta
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 12 Jun 2017 02:24
Last Modified: 12 Jun 2017 02:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49686

Actions (login required)

View Item View Item