Ajeng Widya Indriana, Ajeng Widya Indriana (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Ajeng Widya Indriana_Pendidikan Kimia.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan di MAN Yogyakarta II yang berlokasi di Jalan KH. Ahmad Dahlan 130, Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik yang wajib diambil oleh Mahasiswa UNY. Praktik Pengalaman Lapangan bertujuan agar mahaisswa dapat mengembangkan dan melatih kemampuan kompetensi sebagai calon pendidik ataupun tenaga kependidikan, diantaranya adalah kemampuan mengelola kelas, mengembangkan media pembelajaran, menangani peserta didik, dan juga kemampuan melakukan evaluasi. Melalui PPL diharapkan mahasiswa dapat mempelajarai dan memiliki 4 kompetensi yang harus dimiliki sebagai seorang guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Setelah menjalankan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa dapat mempunyai bekal dan pengalaman sebagai seorang pendidik yang berkualitas. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai dari tanggal 15 juli 2016 – 15 September 2016 dalam periode semester khusus 2015/2016. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai dari tahap observasi, penyusunan program, pelaksanaan kegiatan non belajar mengajar dan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Kegiatan observasi meliputi observasi sekolah dan observasi kegiatan pembelajaran di kelas. Mahasiswa juga berusaha mencari informasi dari guru mata pelajaran kimia mengenai kondisi dan potensi siswa, fasilitas pendukung, dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika KBM berlangsung. Dalam kegiatan PPL ini mahasiswa mendapat tugas untuk mengajar di kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Materi yang disampaikan meliputi Alkena, Alkuna, Sumber dan Kegunaan Hidrokarbon, Minyak Bumi, Faktor-faktor yang mempengaruhi Laju Reaksi, Persamaan dan Orde Reaksi. Adapun program kerja yang dilakukan untuk mendukung kegiatan PPL antara lain : 1) Pembuatan Jam Efektif; 2) Pembuatan Program Tahunan; 3) Pembuatan Program Semester; 4) Pembuatan Silabus; 5) Pembuatan RPP mengajar; 6) Pembuatan RPP Satu Semester; 7) Pembuatan Media Pembelajaran; 8) Pembuatan soal-soal evaluasi dan ulangan harian; 9) Pembuatan analisis butir soal. Selama menjalankan PPL, mahasiswa mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman yang berharga dan berguna khususnya, dalam hal ini adalah mengenai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), pembuatan RPP, pengembangan media pembelajaran, pendampingan praktikum dan pendampingan bimbingan belajar.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : PPL, MAN Yogyakarta II, kimia |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 09 Jun 2017 06:02 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49666 |
Actions (login required)
View Item |