PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMP

Setyo Rini, Endah (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMP. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui : 1) menghasilkan LKPD IPA berbasis Problem Based Learning pada pokok bahasan pencemaran air yang layak berdasarkan penilaian validator; dan 2) mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah menggunakan LKPD IPA berbasis Problem Based Learning. Penelitian pengembangan LKPD IPA menggunakan model 4D yang meliputi tahap define (pendefinisian), design (perencangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran) yang terbatas di SMP N 2 Piyungan. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 peserta didik kelas VII B SMP N 2 Piyungan dan objek penelitian adalah LKPD IPA berbasis Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi lembar validasi LKPD IPA, lembar observasi keterlaksaan pembelajaran, angket respon peserta didik, lembar observasi keterampilan berpikir kreatif, dan soal pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan pada angket validasi dan respon peserta didik adalah analisis dengan pedoman kriteria penilaian ideal untuk menentukan kelayakan LKPD IPA. Data keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar observasi berpikir kreatif diperoleh dengan menggunakan pedoman kriteria penilaian dalam bentuk persentase, sedangkan pada soal pretest-posttest dianalisis dengan menggunakan gain score dan uji signifikansi dengan t-test berkorelasi untuk mengetahui pertumbuhan keterampilan berpikir kreatif. Berdasarkan penilaian ahli secara keseluruhan meliputi aspek kelayakan isi, aspek penyajian, aspek kebahasaan, dan aspek kegrafisan, LKPD IPA hasil pengembangan memperoleh nilai A dengan kategori sangat baik. Kelayakan LKPD berdasarkan respon peserta didik ditinjau dari pernyataan negatif dan pernyataan positif pada aspek kelayakan isi, aspek penyajian, aspek kebahasaan, dan aspek kegrafisan memperoleh nilai A dengan kategori sangat baik. LKPD ini dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMP kelas VII, peningkatan keterampilan berpikir kreatif dari skor lembar observasi sebesar 19,5%, dan melalui soal pretest-posttest dengan perhitungan gain score menunjukkan angka 0,57 yang termasuk dalam kategori sedang. Keterampilan berpikir kreatif setelah menggunakan LKPD IPA berbasis PBL menunjukkan perbedaan yang signifikan setelah diuji signifikansi dengan uji t berkorelasi. Kata Kunci: LKPD IPA, Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kreatif The research aims (1) to produce science student activity sheet using Problem Based Learning model on the subject “Pencemaran Air” wich is suitable based on expert judgment; and (2) to know increase of students’s creative thinking skill after using the science student activity sheet with Problem Based Learning model. Development research of science student activity sheet using 4D model including define stage, design stage, develop stage, and disseminate stage wich is limited at SMP N 2 Piyungan. The subjects in this research is 26 students in class VII B of SMP N 2 Piyungan and the object is science student activity sheet using PBL model. Instrument used in this research are validation questionnaire of science student activity sheet, observation sheet of learning implementation, student respond questionnaire, observation sheet of creative thinking skill, and pretest-posttest questions. Technique of data analysis that used in validation questionnaire of science student activity sheet and student respond using the ideal assessment criteria to determine the science student activity sheet quality. Learning implementation data, and observation sheet of creative thinking skill were analyze using assessment criteria standard in the form of percentage, while the pretest-posttest questions was analyzed using gain score and test of significance with the t-test correlated to determine the growth of creative thinking skills. Based on result of expert appraisal on content expediency aspect, presentation aspect, language aspect, and graphical aspect got A mark with very good category. While the expediency of science student activity sheet based on students respond in terms of positive statements and negative statements on content axpediency aspect, presentation aspect, language aspect, and graphical aspect got A mark with very good category. The science student activity sheet can grow creative thinking skill students, growth of creative thinking skill through observation sheet up to 19,5%, while through pretest-posttest by gain score calculation show up 0,57 with medium categories. Creative thinking skills of students after using the science student activity sheet with problem based learning model is significantly by t-test correlation.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Science student activity sheet, Problem Based Learning model, creative thinking skill
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:35
Last Modified: 30 Jan 2019 14:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49656

Actions (login required)

View Item View Item