LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

HERYNDA NEVYTASARI, HERYNDA NEVYTASARI (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PTSP_HERYNDA NEVYTASARI_13505244006 (1).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan studi dan memperoleh gelar sebagai sarjana pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai bentuk pembelajaran bagi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa pendidikan. Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan adalah menjadi institusi terkemuka dalam pelayanan PPL dan PKL untuk mencetak tenaga kependidikan dan non kependidikan yang professional berwawasan global. Sebagi seorang pendidik, sebelum masuk ke kelas dan melaksanakan proses pembelajaran, terlebih dahulu harus mempersiapkan adminstrasi dan kelengkapan mengajar diantaranya adalah program tahunan, program semester, perhitungan jam efektif, agenda guru, daftar hadir siswa, daftar buku pegangan, format perencanaan penilaian, analisis butir soal, perhitungan daya serap dan kisi-kisi butir soal. Salah satu hal yang pokok adalah mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran dan menyusun materi untuk kemudian dikonsultasikan kepada guru pembimbing. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK Negeri 2 Yogyakarta yang beralamat di Jalan A. M. Sangaji No. 47 Yogyakarta dan dimulai pada tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam pengalaman mengajar di kelas, baik itu kelas teori maupun kelas praktik, menusun RPP yang baik, penyusunan Materi ajar, pengembangan media pembelajaran dan alat evaluasi, melaksanakan administrasi guru, menerapkan inovasi pembelajaran dan masih banyak pengalaman yang berguna di kemudian hari. Kualitas bimbingan dari guru pembimbing juga mempengaruhi mahasiswa PPL, hambatan dan masalah yang ditemui digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan mahasiswa PPL yang menjadi pemacu semangat agar dapat berperan lebih baik, sehingga setelah melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa dapat benar-benar siap menjadi tenaga pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, SMK Negeri 2 Yogyakarta, Program Kegiatan PPL.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jun 2017 01:30
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49629

Actions (login required)

View Item View Item