LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Adib Rizal Fahmi, Adib Rizal Fahmi (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PT. Mekatronika_Adib Rizal Fahmi 13518241037.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah PPL merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa dengan jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dari PPL yakni untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Kegiatan PPL dilaksanakan pada semester khusus tahun 2016 tepatnya pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Rencana kegiatan tertuang dalam matrik program kerja dengan jumlah total jam terlaksana adalah 280,25 jam dengan rincian 193 jam mengajar dan 87,25 jam non mengajar. Kegiatan mengajar meliputi persiapan mengajar (administrasi), membuat materi, membuat RPP, praktik mengajar, pendampingan mengajar, dan mengoreksi tugas siswa. Kegiatan non mengajar meliputi konsultasi dengan DPL PPL, konsultasi dengan guru pembimbing, piket sekolah, apel/upacara bendera, menyusun laporan PPL, pendampingan tadarus, dan penarikan PPL. Hasil kegiatan PPL terlaksana yaitu administrasi guru, praktik mengajar sebanyak 27 kali pertemuan dengan rincian 7 kali pertemuan mata diklat PDE kelas X TIPTL 1, 8 kali pertemuan mata diklat PDE kelas X TIPTL 2, 5 kali pertemuan mata diklat PDE kelas X TIPTL 3, 7 kali pertemuan mata diklat PDE kelas X TIPTL 4.Evaluasi pembelajaran yang dilakukan di kelas X TIPTL 1 diperoleh nilai daya serap terhadap mata pelajaran PDE yakni sebesar 37,5 %, kelas X TIPTL 2 sebesar 12,5 %, kelas X TIPTL 3 sebesar 37,5%, kelas X TIPTL 4 sebesar18,75 %. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor yakni Mahasiswa PPL selaku pengajar/pendidik masih memiliki kekurangan antara lain : Suara ketika mengajar kurang keras dan lantang, bahasa yang digunakan kurang komunikatif, penguasaan kelas belum baik, kurangnya percaya diri ketika mengajar. Selain itu peran peserta didik juga sangat mempengaruhi keberhasilan seorang guru dalam mengajar seperti siswa tidak berbincang dengan teman sebangku, siswa mencatat materi yang diajarkan guru, siswa bertanya bila kurang paham, juga siswa tetap belajar ketika sepulang sekolah. Penilaian tersebut dilakukan dengan cara memberikan ulangan / tes sumatif kepada kelas X TIPTL1, X TIPTL 2, X TIPTL3 dan X TIPTL4.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, mengajar, SMK N 2 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2017 06:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49596

Actions (login required)

View Item View Item