LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Taufiq Abdul Ghaffur, Taufiq Abdul Ghaffur (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PT. Informatika_Taufiq Abdul.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa prodi kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan diadakannya serangkaian kegiatan PPL di sekolah merupakan sebuah usaha pembaharuan dan peningkatan di bidang keguruan untuk mendukung kompetensi calon guru yang profesional. Di samping itu program PPL diharapkanmampu meningkatkan kemampuan dan wawasan mahasiswa calon guru sehingga lebih siap dan tangguh dalam penyeleseian berbagai permasalahan kependidikan, serta bentuk pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian pada masyarakat sekolah. Sebelum melakukan kegiatan PPL, mahasiswa praktikan harus menempuh serangkaian prosedur yang berlaku terlebih dahulu, yaitu: harus lulus mata kuliah wajib Micro Teaching (Pengajaran Mikro), observasi kelas, observasi lingkungan sekolah, serta mengikuti pembekalan yang diadakan jurusan masing-masing mahasiswa. Sedangkan tahap akhir dari kegiatan PPL merupakan penyusunan Laporan Kegiatan PPL. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 yang berlokasi di SMK Negeri 2 Yogyakarta, mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan tanggal 15 September 2016. Dalam Praktik Pengalaman Lapangan ini mahasiswa praktikan melakukan kegiatan mengajar baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Program mengajar menggunakan metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab, diskusi, dan juga praktikum. Hasil dari kegiatan PPL, yaitu praktik mengajar sebanyak 8 kali tatap muka. Dalam hal ini praktikan memperoleh kesempatan mengajar di kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ) 1 dan 2 dengan mengampu mata pelajaran Pemrograman Web yang merupakan mata pelajaran produktif TKJ. Adapun beberapa hambatan pada waktu mengajar yaitu pengelolaan kelas karena sebagian siswa sulit dikondisikan. Akan tetapi praktikan selalu berusaha mengatasi agar kegiatan PPL tetap terlaksana dengan baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan. Adanya kerjasama, kerja keras, dan disiplin, akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik. Dengan terselesaikanya kegiatan PPL UNY 2016 ini diharapkan dapat terciptanya tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Teknik Informatika, SMK Negeri 2 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2017 06:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49595

Actions (login required)

View Item View Item