LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Muhammad Budi Sudrajat, Muhammad Budi Sudrajat (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PT. Elektro_M.Budi.S_13501244002.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah PPL/Magang III merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dari PPL/Magang III antara lain untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Kegiatan PPL/Magang III dilaksanakan pada semester khusus tahun 2015 tepatnya pada tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2015. Rencana kegiatan tertuang dalam matrik program kerja dengan jumlah total jam terlaksana adalah 320 jam dengan rincian 270 jam mengajar, 42 jam non mengajar dan 8 jam program tambahan. Kegiatan mengajar meliputi persiapan mengajar (administrasi), mengumpulkan materi, membuat RPP, praktik mengajar, pendampingan mengajar, dan mengoreksi tugas siswa. Kegiatan non mengajar meliputi konsultasi dengan DPL PPL, konsultasi dengan guru pembimbing, piket sekolah, apel/upacara bendera, dan menyusun laporan PPL. Kegiatan tambahan yaitu memperbarui banner kalender pendidikan, memperbarui banner struktur organisasi jurusan, pendampingan tadarus, dan penarikan PPL. Hasil kegiatan PPL terlaksana yaitu administrasi guru, praktik mengajar sebanyak 21 kali pertemuan dengan rincian 7 kali pertemuan mata diklat SIMDIG kelas X TIPTL 1, 7 kali pertemuan mata diklat SIMDIG kelas X TIPTL 3 dan 7 kali pertemuan mata diklat SIMDIG kelas X TIPTL 4. Penilaian pembelajaran yang dilakukan di kelas X TIPTL 1 diperoleh nilai kognitif maupun psikomotorik 100% memenuhi KKM. Evaluasi pembelajaran X TIPTL 3 untuk psikomotorik mencapai 100% untuk kognitif mencapai 96,7. Sedangkan untuk penilaian siswa terhadap kinerja praktikan diperoleh penilaian yang bervariasi yaitu 0% menilai kurang, 1,6% menilai cukup, 46,7% menilai baik, dan 38,2% menilai sangat baik. Penilaian tersebut dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada 62 sampel siswa kelas XI TIPTL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, penilaian, KKM
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2017 05:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49586

Actions (login required)

View Item View Item