LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Agung Pratama Putra, Agung Pratama Putra (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend. Teknik Mesin_13503244002_AGUNG PRATAMA PUTRA Pendidikan Teknik Mesin.pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu universitas dengan latar belakang pendidikan memiliki tugas sebagai pencetak tenaga kependidikan yang handal dan profesional untuk dunia pendidikan. Melalui program-program mata kuliah kependidikan yang dilaksanakan baik teori, praktik maupun lapangan diharapkan mampu memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada para mahasiswa tentang proses belajar mengajar. Salah satu mata kuliah lapangan wajib lulus adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang bersifat intrakurikuler dimana sebelumnya mahasiswa terlebih dulu mengikuti mata kuliah dasar-dasar pembelajaran dan pembelajaran mikro sebagai bekal awal untuk PPL. SMK Negeri 3 Yogyakarta merupakan salah satu dari sekian sekolah yang dijadikan lokasi PPL UNY pada tahun 2016 ini. Secara umum sekolah ini mempunyai fasilitas yang cukup memadai, namun masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan agar dapat mendukung kelancaran seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan tanggal 15 September 2016. Mata pelajaran yang diampu oleh penulis adalah gambar teknik dengan alokasi waktu tiap minggu sebanyak 2 jam mata pelajaran dan penulis mengampu sebanyak 2 kelas yaitu kelas X Teknik Pemesinan 2 dan kelas XI Teknik Pemesinan 2. Adapun kegiatan non-mengajar antara lain: (a) upacara rutin dan hari besar, (b) piket sekolah, (c) pendampingan Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru (PLSSB). Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun masih ada kekurangan. Dimulai dengan persiapan PPL berupa konsultasi silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), jobsheet, evaluasi dan lembar penilaian. Dalam pelaksanaan PPL terdapat beberapa hambatan namun masih dalam taraf wajar. Hambatan-hambatan tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi penulis untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama pada kualitas kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, Gambar Teknik, Teknik Pemesinan, SMK Negeri 3 Yogyakarta.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2017 03:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49568

Actions (login required)

View Item View Item