Hidul, Arifuloh (2017) PENGEMBANGAN VIRTUAL TESTING STATION UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI KOGNITIF PEMROGRAMAN PLC KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MEKATRONIKA SMKN 1 BAWANG BANJARNEGARA. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
SKRIPSI_13518241045-Hidul Arifuloh.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui pengembangan virtual testing station sebagai media pembelajaran pemrograman PLC Kelas XI Program Keahlian Teknik Mekatronika SMKN 1 Bawang, (2) mengetahui tingkat kelayakan virtual testing station sebagai media pembelajaran pemrograman PLC, dan (3) mengetahui peningkatan kompetensi kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran pemrograman PLC dengan menggunakan media pembelajaran virtual testing station. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model pengembangan water fall menurut Pressman untuk mengembangkan perangkat lunak virtual testing station dan ADDIE menurut Branch untuk mengembangkan modul pembelajaran virtual testing station. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Bawang Banjarnegara dengan subyek penelitian kelas XI Program Keahlian Teknik Mekatronika. Pengujian kelayakan produk dilakukan uji alpha dan uji beta. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan tes. Peningkatan kompetensi kognitif pemrograman PLC menggunakan media pembelajaran virtual testing station diketahui dari hasil tes kognitif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pengembangan menggunakan model Waterfall (Komunikasi, Perencanaan, Pemodelan, dan Konstruksi) menurut Pressman dihasilkan perangkat lunak virtual testing station sebagai media pembelajaran pemrograman PLC. Perangkat lunak virtual testing station mampu bekerja sesuai proses kerja dari perangkat keras testing station; (2) virtual testing station dinyatakan sangat layak sebagai media pembelajaran pemrograman PLC secara keseluruhan dengan rata-rata nilai 79,86 dari penilaian ahli materi, ahli media, dan pengguna. Rincian penilaian kelayakan yaitu: penilaian oleh ahli materi memperoleh rata-rata nilai 80,45 dengan kategori sangat layak, penilaian oleh ahli media memperoleh rata-rata nilai 79,94 dengan kategori sangat layak, dan penilaian oleh pengguna memperoleh rata-rata nilai 79,20 dengan kategori sangat layak; dan (3) pembelajaran menggunakan media pembelajaran virtual testing station meningkatkan penguasaan kompetensi kognitif pemrograman PLC dibuktikan dengan peningkatan hasil tes kognitif yaitu hasil pretest sebesar 53,7 dan posttest sebesar 62,79. Pretest dan posttest terdapat perbedaan yang signifikan ditunjukkan dari hasil uji-t pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai t hitung lebih besar daripada t tabel, yakni 3,365 untuk nilai t hitung dan 2,055. Kata kunci: virtual testing station, testing station, pemrograman PLC
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 08 Jun 2017 04:54 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:15 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49562 |
Actions (login required)
View Item |