LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

NOVITA TRI HABSARI, NOVITA TRI HABSARI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FT_PTSP_13505241063_NOVITA TRI HABSARI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu lembaga pendidik tenaga kependidikan (LPTK) yang mencetak sarjana pendidikan atau sarjana yang berorientasi di dunia kependidikan, dimana sebagian besar program studi yang ada di UNY adalah program studi kependidikan. Sebagai salah satu universitas yang bergerak di bidang kependidikan, maka UNY senantiasa meningkatkan kualitas lulusan untuk mengembangkan kemajuan pendidikan di Indonesia. Salah satu langkah yang dilakukan UNY dalam mengembangkan kualitas lulusannya adalah melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). PPL merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa UNY yang mengambil program studi pendidikan. Kegiatan PPL sebagai pembelajaran bagi mahasiswa untuk menghadapi pengalaman nyata sebagai tenaga pendidik atau guru di sekolah. Mahasiswa diharapkan mampu berlatih mengerti tugas seorang guru yang meliputi hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai pelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, cara penyampaian materi yang sesuai bagi siswa, cara mengandalikan kelas, penilaian hasil belajar siswa, melakukan perbaikan dan pengayaan bagi siswa, serta hal-hal yang berkaitan dengan tugas seorang guru. Sebelum mahasiswa mulai melaksanakan PPL, terdapat kegiatan pra PPL yang harus dilaksanakan, antara lain pembekalan PPL, micro teaching, dan penyerahan mahasiswa ke pihak sekolan untuk selanjutnya melakukan kegiatan observasi. Pada PPL ini, penulis melaksanakan PPL di SMK Negeri 3 Yogyakarta. PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Penulis mengampu mata pelajaran utama Mekanika Teknik dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran (180 menit) dan membantu guru mengajar Gambar Teknik 1 dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran (90 menit) dan Gambar Teknik 2 dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran (90 menit). Rangkaian kegiatan mengajar yang dilaksanakan yaitu persiapan mengajar, kegiatan pembelajaran, dan penilaian atau evaluasi. Pada kegiatan persiapan mengajar yang perlu dilakukan adalah pemahaman silabus, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pemmbuatan sistem penilaian konsultasi dengan GPL dan DPL, penyusunan bahan ajar (materi), pembuatan media pembelajaran, dan pembuatan soal atau tugas. Setelah persiapan dilakukan, selanjutnya adalah kegiatan pembelajar yang berpedoman pada RPP. Pada kegiatan mengajar diharapkan mahasiswa mampu mengelola kelas dengan baik melalui kegiatan belajar yang menarik dan interaktif, serta pengkondisian kelas yang baik. Kegiatan pembelajaran dilakukan di kelas X TGB 2 pada hari Senin jam ke 7 – 10 (pukul 12.30 – 15.30 WIB), XI KK pada hari Rabu jam ke 7 – 8 (pukul 12.30 – 14.00 WIB), X TGB 3 pada hari Kamis jam ke 7 – 8 (pukul 12.30 – 14.00 WIB). Hasil yang diperoleh pada kegiatan PPL adalah mampu memahami dan merasakan pengalaman secara nyata mengajar langsung siswa SMK, megerti bagaimana mengelola kelas dan penyampaian materi yang baik. Pada mata pelajaran teori, siswa akan lebih tertarik untuk memperhatikan apabila menggunakan media pembelajaan seperti powerpoint yang menarik. Akan tetapi, untuk materi dengan hitungan, siswa akan lebih fokus apabila dijelaskan menggunakan papan tulis. Secara keseluruhan kegiatan PPL sangat bermanfaat bagi mahasiswa, dimana mahasiswa mampu berlatih menjadi tenaga pendidik yang profesional sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, Mekanika Teknik, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2017 00:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49536

Actions (login required)

View Item View Item