LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

ALIFAH ELFMI FAJRINA, ALIFAH ELFMI FAJRINA (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FT_PTSP_13505241020_ALIFAH ELFMI FAJRINA.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta sebagai Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) memiliki kebijakan untuk menyelenggarakan mata kuliah wajib tempuh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau Magang III bagi mahasiswa prodi kependidikan yang telah lulus mata kuliah Micro Teaching atau Magang II di semester enam. Kegiatan ini ditujukan untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman lapangan dalam memantapkan dan mengembangkan hardskill dan softskill sebagai calon pendidik maupun tenaga kependidikan. Pelaksanaan PPL ini selama dua bulan terhitung sejak tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Mahasiswa diwajibkan untuk memenuhi 256 jam praktik atau setara dengan beban 6 SKS. Mahasiswa juga melakukan kegiatan Pra PPL berupa observasi dan orientasi lingkungan PPL, pembelajaran mikro, dan pembekalan PPL oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNY. Di Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta, mahasiswa pengampu mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan (GKB) memiliki durasi 10 Jam Pelajaran atau setara dengan 450 menit. Untuk itu pada kegiatan Pra PPL, dilakukan observasi lingkungan sekolah dan observasi kegiatan pembelajaran di kelas XI GB 3 pada mata pelajaran tersebut. Setelah penetapan guru pembimbing, dilakukan tahap persiapan mengajar berupa telaah silabus, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), penyusunan materi ajar, pembuatan media pembelajaran, dan pembuatan administrasi pendidik. Pelaksanaan praktik pembelajaran dilaksanakan setiap hari Senin pukul 6.45 hingga 15.15 di kelas XI GB 1 dengan berpedoman pada RPP yang telah disusun. Mengacu pada Kurikulum 2013 untuk SMK dan metode Project Based Learning, kegiatan pembelajaran mata pelajaran GKB diterapkan dalam bentuk tugas besar gambar konstruksi bangunan rumah tinggal sederhana. Sehingga dalam pelaksanaannya, alokasi waktu lebih banyak digunakan untuk tutorial individu dan konsultasi tugas. Meski demikian, untuk memotivasi dan memberikan pemahaman dasar pada siswa, dilakukan kegiatan awal berupa presentasi materi, diskusi kelas, tugas observasi, dan pembuatan makalah/kliping. Ice breaking terkadang juga perlu dilakukan untuk pengkondisian kelas dan sebagai selingan agar siswa tidak bosan. Ice breaking yang dilakukan dapat berupa aktivitas sederhana brainstorming, mind mapping, ataupun pemutaran video terkait materi pelajaran. Selain mata pelajaran GKB, mahasiswa juga mendapat kesempatan untuk mengampu mata pelajaran lain yang diampu oleh guru pembimbingnya, seperti Mekanika Teknik di kelas X GB 1. Hal ini dilakukan agar target minimal 6 kali pertemuan di kelas dapat terpenuhi. Meski demikian, PPL tidaklah sekedar praktik pembelajaran di kelas. Untuk itu, mahasiswa PPL juga diberi kesempatan untuk terlibat di beberapa kegiatan sekolah seperti Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru (PLS BSB), Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI, piket guru, piket perpustakaan, dan sebagainya. Kejujuran, kedisiplinan, integritas, dedikasi, sopan santun, kesabaran, inovasi, kreativitas, merupakan hal-hal yang patut diasah dan ditanamkan selain pengetahuan dan keterampilan teknis sebagai seorang pendidik. Dengan terlaksananya kegiatan PPL ini mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pengalaman, mengambil hikmah, dan merefleksikan pembelajaran hidup dalam dunia pendidikan yang real dan mungkin tidak didapat di ruang perkuliahan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, praktik pembelajaran, RPP, LPPMP UNY, pendidik, Gambar Konstruksi Bangunan, Project Based Learning.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2017 00:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49535

Actions (login required)

View Item View Item