Suyanto, Suyanto (2009) Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran IPS (Studi Kasus di SD Masjid Syuhada Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-suyanto-07712259001.swf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pola integrasi Islam dalam pembelajaran IPS di SD Masjid Syuhada; (2) untuk mengetahui kendala yang terjadi dalam pengintegrasian nilai Islam dalam pembelajaran IPS di SD Masjid Syuhada dan solusi yang telah diambil. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-eksploratif-kualitatif dengan menggunakan metode naturalistik. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV, V, dan VI Sekolah Dasar Masjid Syuhada Yogyakarta. Objek penelitian adalah pembelajaran IPS di Kelas IV, V, dan VI yang terintegrasi dengan nilai agama Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Observasi dilakukan terhadap proses pembelajaran IPS di Kelas IVA, VB dan VIA, sedangkan wawancara dilakukan terhadap Kepala Sekolah dan Ketua Bidang Pendidikan Yayasan Masjid Syuhada. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis induktif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) pola integrasi nilai Islam dalam proses pembelajaran IPS di SD Masjid Syuhada yang digunakan guru terdapat dua pola, yaitu pola justifikasi dan spiritualiasi. Pola justifikasi yakni guru melakukan justifikasi dengan nilai Islam terhadap materi yang terdapat dalam bahan ajar IPS, dan pola spiritualisasi guru tersebut tidak menyisipi nilai Islam sebagai materi yang relevan dengan tema kajian, melainkan melakukan spiritualisasi dalam proses pembelajaran; (2) kendala yang muncul dalam integrasi nilai Islam dalam proses pembelajaran IPS setidaknya ada enam hal, yakni: (a) Belum adanya buku standar yang dapat dijadikan pegangan guru yang telah memuat materi IPS yang terintegrasi dengan nilai Islam; (b) tidak samanya kemampuan guru dalam mengintegrasikan nilai Islam dalam materi pelajaran IPS, sehingga berpengaruh terhadap kuat tidaknya proses integrasi tersebut dilakukan; (c) tidak semua materi pelajaran dapat dengan mudah diintegrasikan dengan nilai Islam, sehingga dalam batas-batas tertentu, ketika integrasi nilai Islam dilakukan ada kesan dipaksakan; (d) manajemen waktu di kelas perlu dilakukan secara ketat dan baik, karena ketika ada pengintegrasian nilai Islam dengan sendirinya menambah materi pelajaran yang memerlukan waktu tersendiri; (e) belum adanya ketentuan baku dan peraturan dari sekolah yang mengikat secara pasti kepada para guru tentang kebijakan pembelajaran yang integratif dengan nilai Islam; (f) tidak semua guru IPS secara disiplin menyusun RPP setiap hendak menyampaikan pelajaran di Kelas, sehingga proses pembelajaran dalam batas-batas tertentu kurang terkontrol oleh kepala sekolah.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan dasar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 03 Jun 2017 03:00 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 12:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49405 |
Actions (login required)
View Item |