Keefektifan Penggunaan Alat Peraga dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA di MIN Yogyakarta I

Rafiuddin, Rafiuddin (2009) Keefektifan Penggunaan Alat Peraga dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA di MIN Yogyakarta I. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rafiuddin-07712259067.swf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar IPA dengan menggunakan alat peraga pada proses pembelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Yogyakarta I, tahun pelajaran 2008/2009 Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan dilaksanakan selama tiga siklus dimana tiap siklus dua kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas V MIN Yogyakarta I. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, obsevasi, wawancara; sedangkan instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi, pedoman wawancara, lembar catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan pemahaman konsep IPA siswa dapat dilihat pada peningkatan rata-rata skor aspek kognitif dari siklus ke siklus dalam rentang ketercapaian 65 sampai 100 sebagai berikut: rata-rata skor aspek kognitif pada siklus pertama adalah 59,559 meningkat menjadi 69,853 pada siklus kedua, kemudian meningkat lagi menjadi 78,87 pada siklus ketiga. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat: a) rata-rata skor aspek psikomotor siswa pada siklus pertama 13,3 dari rentang nilai rata-rata 4 dan nilai rata-rata tertinggi 20 sehingga perolehan nilai tersebut dikategorikan cukup; Pada siklus kedua meningkat menjadi 14,7 dari rentang skor terendah 4 dan nilai rata-rata tertinggi 20 sehingga perolehan nilai tersebut dikategorikan baik; Pada siklus ketiga meningkat menjadi 16,1 dari rentang nilai rata-rata terendah 4 dan nilai rata-rata tertinggi 20 sehingga perolehan rentang nilai rata-rata tersebut dikategorikan sangat baik, b) rata-rata skor aspek afektif siswa pada siklus pertama adalah 13,4 dari rentang skor nilai terendah 4 dan nilai rata-rata tertinggi 20 sehingga perolehan nilai tersebut dikategorikan cukup; Pada siklus kedua meningkat menjadi 15,8 dari rentang skor terendah 4 dan nilai rata-rata tertinggi 20 sehingga perolehan nilai tersebut dikategorikan baik; Pada siklus ketiga meningkat menjadi 16,1 dari rentang nilai rata-rata terendah 4 dan nilai rata-rata tertinggi 20 sehingga perolehan rentang nilai rata-rata tersebut dikategorikan sangat baik. Peningkatan rerata nilai pada siklus pertama, siklus kedua dan ketiga menunjukkan, bahwa penggunaan alat peraga dalam pembelajaran IPA mampu meningkatkan pemahaman konsep IPA dan hasil belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Yogyakarta I.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2017 02:07
Last Modified: 29 Jan 2019 12:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49402

Actions (login required)

View Item View Item