LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

ORYKE DIOLLA HARNUM, ORYKE DIOLLA HARNUM (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13401244007_Oryke Diola Harnum_Pendidikan Kewarganegaraa_FIS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan secara profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Praktikan melaksanakan PPL di SMK Negeri 1 Yogyakarta pada tanggal 18 Juli sampai dengan 15 September 2016 yang berlokasi di Jalan Kemetiran Kidul, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Kegiatan PPL diawali dengan tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan yaitu praktikan melakukan observasi proses pembelajaran dan kondisi sekolah, mengikuti kuliah pengajaran mikro (microteaching), mengikuti pembekalan PPL, dan berkoordinasi dengan guru pembimbing. Kemudian pelaksanaan PPL dilakukan di SMK Negeri 1 Yogyakarta, praktikan mendapat Kesempatan untuk mengajar di Kelas X PM 1 & X AK 2. Adapun pelaksanaannya terdiri dari pembuatan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kemudian mempersiapkan bahan ajar dengan mempelajari referensi-referensi yang relevan dan membuat media pembelajaran yang mendukung. Sebelum digunakan dan dipraktikan mengajar di kelas hal-hal tersebut dikonsultasikan kepada guru pembimbing untuk menghindari kesalahan konsep. Selain itu, praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket di ruang piket (resepsionis), piket sapa pagi, inventarisasi buku-buku perpustakaan, piket di ruang UKS dan lain-lain. Kegiatan PPL telah dilaksanakan oleh praktikan dengan baik dan lancar meskipun dalam pelaksanaannya terdapat berbagai hambatan, akan tetapi semua dapat teratasi dengan baik atas bimbingan dan masukan dari guru pembimbing, kerjasama yang baik dengan teman PPL, dosen pembimbing lapangan, pihak sekolah, dan pihak terkait lainnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMK Negeri 1 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2017 06:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49395

Actions (login required)

View Item View Item