EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI REACT DITINJAU DARI PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 1 SRAGEN

Safitri, Anisa and Mahmudi, Ali (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI REACT DITINJAU DARI PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 1 SRAGEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
halaman cover.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dengan strategi REACT dan Pembelajaran Saintifik ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII di MTs Negeri 1 Sragen. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Sragen sebanyak 10 kelas dengan total 364 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VII F dengan 38 siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran saintifik sebagai kelas kontrol dan kelas VII G dengan 37 siswa yang mendapatkan perlakuan menggunakan pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah intrumen tes untuk mengukur prestasi belajar matematika siswa, angket motivasi belajar, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan dua cara yakni: 1) one sample t-test digunakan untuk menyelidiki Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT dan Pembelajaran Saintifik; dan 2) Multivariate Analysis of Variance (Manova), digunakan untuk menyelidiki perbedaan Efektivitas Antara Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT dan Pembelajaran Saintifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT efektif ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Sragen, (2) Pembelajaran Saintifik Efektif ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII di MTs Negeri 1 Sragen. Untuk perbedaan efektivitas, (3) Tidak terdapat perbedaan signifikan antara Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT dan Pembelajaran Saintifik ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII di MTs Negeri 1 Sragen. Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Strategi REACT, Pembelajaran Saintifik, Prestasi Belajar, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 31 May 2017 07:41
Last Modified: 30 Jan 2019 14:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49362

Actions (login required)

View Item View Item