ANALISIS SISTEM ANTREAN MODEL MULTI SERVER PADA PERUSAHAAN ASURANSI XYZ DI KOTA TASIKMALAYA

Muhajir, Ahmad and Binatari, Nikenasih (2017) ANALISIS SISTEM ANTREAN MODEL MULTI SERVER PADA PERUSAHAAN ASURANSI XYZ DI KOTA TASIKMALAYA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (710kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
BAGIAN AWAL ADA CAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)

Abstract

Teori antrean yaitu teori yang membahas mengenai proses mengantre dari customer datang, mengantre untuk dilayani hingga dilayani dan meninggalkan fasilitas pelayanan. Antrean terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara jumlah customer yang akan dilayani dengan jumlah pelayanan yang tersedia. Tujuan penulisan tugas akhir skripsi ini yaitu menentukan model antrean, mencari ukuran keefektifan dan optimasi biaya antrean pada Perusahaan Asuransi XYZ di Kota Tasikmalaya Pada penelitian tugas akhir skripsi ini, data yang digunakan yaitu data hari sibuk pada hari Selasa 19 Januari 2016 sampai hari Kamis 21 Januari 2016 pukul 07.50 sampai 12.19. Data kedatangan yang diperoleh kemudian dikelompokkan per 15 menit dan waktu pelayanan dikelompokkan berdasarkan interval lamanya waktu pelayanan. Selanjutnya dilakukan uji kecukupan data, uji distribusi Poisson untuk laju kedatangan, uji distribusi Eksponensial untuk waktu pelayanan, pemeriksaan steady state, serta menentukan model antrean, menghitung ukuran keefektifan dan optimasi biaya antrean. Berdasarkan hasil analisis, data selama tiga hari sudah cukup untuk mewakili keseluruhan populasi. Model antrean pada perusahaan tersebut dapat dinyatakan dengan model (M/M/4):(GD/∞/∞), dimana laju kedatangan berdistribusi Poisson, dan waktu pelayanan berdistribusi Eksponensial. Ukuran keefektifan sistem antrean pada perusahaan tersebut memiliki rata-rata peluang customer service menganggur yaitu 2,39% dari waktu kerjanya, rata-rata banyaknya nasabah dalam antrean yaitu 3 nasabah, rata-rata banyaknya nasabah dalam sistem yaitu 6 nasabah, rata-rata waktu nasabah dalam antrean yaitu 15,9979 menit, rata-rata waktu nasabah dalam sistem yaitu 34,4141 menit dan rata-rata banyaknya customer service yang sibuk yaitu 3 customer service.. Jumlah customer service yang optimal yaitu pada saat mengoperasikan 5 server karena membutuhkan biaya total per menitnya yang paling kecil yaitu Rp 4.323. Kata kunci: teori antrean, steady state, (M/M/4):(GD/∞/∞), biaya antrean.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 29 May 2017 04:41
Last Modified: 29 May 2017 04:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49291

Actions (login required)

View Item View Item