PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PLASTIC CUTTING STATION UNTUK PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL) DI SMK N 2 PENGASIH

Dian Wahyu, Kumalasari (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PLASTIC CUTTING STATION UNTUK PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL) DI SMK N 2 PENGASIH. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS DIAN WAHYU (13518241040).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengembangkan plastic cutting station sebagai media pembelajaran pemrograman PLC kelas XII program keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK N 2 Pengasih, (2) mengetahui tingkat kelayakan plastic cutting station sebagai media pembelajaran pemrograman PLC kelas XII program keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK N 2 Pengasih, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran pemrograman PLC dengan menggunakan media pembelajaran plastic cutting station. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE menurut Robert Maribe Branch yang terdiri dari (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMK N 2 Pengasih dengan subjek penelitian kelas XII program keahlian Teknik Elektronika Industri. Tahap pengujian kelayakan dilakukan oleh dua ahli media, dua ahli materi, serta pengujian pengguna pertama dan pengguna akhir. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes dengan menggunakan empat pilihan jawaban untuk ahli dan empat pilihan jawaban untuk siswa. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) mengembangkan media pembelajaran plastic cutting station untuk pembelajaran pemrograman PLC yang dilengkapi dengan jobsheet, handout dan manual operation. (2) Hasil penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan rerata skor 87,50 dari total skor sebesar 104 dengan kategori “sangat layak”, penilaian ahli materi mendapatkan rerata skor 89,5 dari total skor 112 dengan kategori “layak”. Penilian oleh pengguna pertama mendapatkan skor rerata 99,5 dari total skor 112 dengan kategori “sangat layak” dan penilaian oleh pengguna akhir mendapatkan 84,01% menyatakan media “sangat baik”. (3) media plastic cutting station memberikan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada pembelajaran pemrograman PLC, terlihat dari peningkatan jumlah siswa yang memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal yakni dari empat siswa (25%) menjadi 11 siswa (68,75%) dan juga dari hasil uji “t” didapatkan nilai 6,67 lebih besar dari nilai t tabel yaitu 2,13 pada taraf signifikan 5%. Kata kunci : Media Pembelajaran PLC, Pemrograman PLC, Perekayasaan Sistem Kontrol, Station PLC

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 May 2017 04:25
Last Modified: 30 Jan 2019 14:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49273

Actions (login required)

View Item View Item