Hubungan antara Kompetensi Kebahasaan, Kemampuan Berpikir, dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Bandar Lampung

Hidayah, Nurul (2009) Hubungan antara Kompetensi Kebahasaan, Kemampuan Berpikir, dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Bandar Lampung. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurul-hidayah-07712259049.swf

Download (991kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi kebahasaan, kemampuan berpikir, dan motivasi belajar dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Bandar Lampung baik secara sendiri-sendiri maupun secara secara bersama-sama. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Bandar Lampung sebanyak 441 siswa. Sampel penelitian sebanyak 119 siswa yang ditentukan menggunakan teknik stratified proporsional random sampling. Instrumen terdiri dari tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman, kompetensi kebahasaan, dan kemampuan berpikir. Angket digunakan untuk mengukur motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier ganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan (p < 0,05) antara kompetensi kebahasaan dengan kemampuan membaca pemahaman sebesar 5,9% dan sumbangan efektifnya sebesar 5,78%, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan (p < 0,05) antara kemampuan berpikir dengan kemampuan membaca pemahaman sebesar 7,9% dan sumbangan efektifnya sebesar 5,84%, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan (p < 0,05) antara motivasi belajar dengan kemampuan membaca pemahaman sebesar 9,3% dan sumbangan efektifnya sebesar 8,91%, (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan (p < 0,05) antara kompetensi kebahasaan, kemampuan berpikir, dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan kemampuan membaca pemahaman sebesar 20,6% dan sumbangan efektifnya secara keseluruhan sebesar 20,53%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: membaca
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 23 May 2017 06:10
Last Modified: 23 May 2017 06:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49263

Actions (login required)

View Item View Item