Aprilia, Erlin (2017) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INQUIRY SCIENCE ISSUES UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP KERJASAMA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. S1 thesis, FMIPA UNY.
|
Text
Abstrak Erlin Aprilia.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) menghasilkan LKPD Berbasis Inquiry Science Issues yang layak, 2) mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan LKPD Berbasis Inquiry Science Issues yang dikembangkan, 3) mengetahui sikap kerjasama peserta didik setelah menggunakan LKPD Berbasis Inquiry Science Issues yang dikembangkan, dan 4) mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan LKPD Berbasis Inquiry Science Issues yang dikembangkan. Desain penelitian ini yaitu R & D dengan model 4D: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi LKPD IPA, lembar keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan inquiry science issues, soal pretest-posttest keterampilan berpikir kritis, lembar observasi keterampilan berpikir kritis peserta didik, lembar observasi sikap kerjasama, lembar angket sikap kerjasama, dan lembar respon peserta didik terhadap LKPD IPA yang dikembangkan. LKPD IPA yang telah divalidasi kemudian digunakan untuk uji coba produk di kelas VII B SMP N 1 Kretek dengan jumlah 28 anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif berupa uraian komentar dan saran dari validator sedangkan analisis data kuantitatif dengan menggunakan perhitungan persentase pengembangan keterampilan berpikir kritis dan sikap kerjasama peserta didik serta analisis skor respon peserta didik terhadap LKPD IPA yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah 1) dihasilkan LKPD IPA berbasis inquiry science issues yang dinyatakan layak oleh validator dengan kategori sangat baik (A), 2) LKPD IPA yang dikembangkan mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP dengan kategori rendah pada skor gain score dan kategori kurang pada hasil observasi, 3) LKPD IPA yang dikembangkan mampu mengembangan sikap kerjasama peserta didik SMP dengan kategori baik pada hasil observasi dan sangat baik pada hasil angket, serta 4) LKPD IPA yang dikembangkan mendapat respon dari peserta didik dengan kategori sangat baik (A). Kata kunci: inquiry science issues, keterampilan berpikir kritis, LKPD IPA, sikap kerjasama. The aim of this research is 1) to produce an inquiry science issues based student worksheet that reasonable, 2) to know the critical thinking skills after using an inquiry science issues based student worksheet that developed, 3) to know the cooperative attitude after using an inquiry science issues based student worksheet that developed, and 4) to know the students’ response after using an inquiry science issues based student worksheet that developed. Design of this research is categorized as R & D research with 4D model: Define, Design, Develop, and Disseminate. The instruments used in this research were validation from science student worksheet, form of learning process with inquiry science issues approach, critical thinking skills and cooperative attitude observation forms, pretest-posttest questions, the student questionnaire of cooperative attitude, and the student questionnaire responses to science student worksheets developed. Science student worksheet which has been validated then is used to test the product in VII D Class in SMP N 1 Kretek with a total of 28 students. Data analysis techniques used in this research were qualitative and quantitative data analysis. Qualitative data analysis is ini the form of description of comments and suggestions from validators, while quantitave data analysis use the percentage calculation of critical thinking skills and cooperative attitude developing as well as the score analysis of student’s responses to science student worksheets developed. In the disseminate phase is only done to a limited extent. The results of this research is 1) produced inquiry science issues science student worksheets that reasonable with categories very well (A) by validators, 2) science student worksheet developed could develop critical thinking skills in categorized low based on gain score and less based on observation, 3) science student worksheet developed could develop cooperative attitude in categorized good based on observation and very good based on student questionnaire, 4)Science student worksheet developed get categories very well (A) by studemts response.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cooperative attitude, critical thinking issues, inquiry science issues, student worksheet. |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPA FMIPA |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 01:30 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:11 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49259 |
Actions (login required)
View Item |