Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS SD Melalui Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SD Negeri 54 Manado

Lompoliuw, Boby Audy (2009) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS SD Melalui Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SD Negeri 54 Manado. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-boby-audy-lompoliuw-06712251002.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di SD Negeri 54 Manado melalui penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching Learning . Pendekatan penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan sasaran penelitan adalah siswa kelas V SD Negeri 54 Manado. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru IPS kelas lima. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar siswa dalam bentuk soal pre-test dan post-test, pedoman observasi kegiatan guru dan siswa, dan catatan lapangan. Teknik analisa data yang digunakan adalah descriptive analysis. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua tindakan. Data hasil tindakan pada setiap siklus dianalisis dengan statistik deskriptif, dengan menggunakan tabel distribusi frekwensi sederhana (simple frequency distribution). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran Contextual Teaching Learning, kualitas pembelajaran IPS meningkat. Proses pembelajaran yang semula berpusat pada guru, setelah diberi tindakan dengan menggunakan tujuh komponen yang terdapat dalam CTL, proses pembelajaran berubah menjadi berpusat pada siswa. Peran guru tidak lagi sebagai pemberi informasi tetapi sebagai fasilitator bagi siswa. Siswa menjadi aktif dalam membangun dan menemukan pengetahuan dibenak mereka sendiri. Keterlibatan siswa dalam memecahkan dan merumuskan masalah menjadi lebih tinggi, pemahaman masyarakat belajar melalui diskusi kelompok menjadi lebih baik, begitu pula refleksi siswa terhadap pengetahuan yang didapat melalui uji kemampuan pre-test dan post-test menunjukan peningkatan yang signifikan. Secara umum, peningkatan kualitas pembelajaran yang terjadi dapat dilihat lewat hasil belajar siswa sebagai berikut: Pada Siklus I, rata-rata hasil belajar siswa yang dicapai hanya sampai pada point 5,5; Pada Siklus II meningkat menjadi 6,9 dan pada Siklus III terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu 8,6. Ini membuktikan bahwa ketujuh komponen tersebut dapat memberi manfaat yang signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 22 May 2017 03:14
Last Modified: 22 May 2017 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49252

Actions (login required)

View Item View Item