Triyono, Eddy (2017) Model Pengembangan Keprofesionalan Dosen Politeknik. S3 thesis, Program Pascasarjana.
Text
disertasi-eddy-triyono-11702261014.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk; (1) mendapatkan informasi tentang model pengembangan keprofesionalan dosen di politeknik saat ini, (2) mendapatkan informasi tentang model pengembangan keprofesionalan dosen politeknik yang seharusnya, (3) mengembangkan model pengembangan profesional dosen politeknik yang efektif dan efisien, dan (4) menyusun buku pedoman pelaksanaan model pengembangan keprofesionalan dosen politeknik. Penelitian ini merupakan research and development dengan mengacu pada langkah–langkah yang dikembangkan Borg dan Gall (2011) yang disederhanakan menjadi tiga langkah pengembangan, yaitu (1) perumusan draf model berdasarkan pada kondisi pengembangan keprofesionalan dosen, model keprofessionalan dosen, dan hasil penelitian yang relevan; (2) validasi draf model dilakukan dengan focus group discussion; dan (3) uji model terbatas yang dilakukan di empat politeknik. Sampel ditentukan menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pengembangan keprofesionalan dosen politeknik saat ini dilaksanakan melalui pengembangan akademik dengan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi; (2) model pengembangan keprofesionalan dosen politeknik tersebut terdiri atas komponen sertifikat profesi/kompetensi, pengalaman profesi/lapangan, dan anggota organisasi profesi; (3) hasil penilaian dosen menunjukkan, keempat politeknik menyetujui diterapkannya model pengembangan keprofesionalan dosen politeknik; (4) hasil penilaian dosen menunjukkan, keempat politeknik setuju bahwa model pengembangan keprofesionalan dosen politeknik efektif sebesar 70,7% dan efisien sebesar 70,3%; (5) hasil penilaian dosen menunjukkan, keempat politeknik menyetujui penerapan pedoman pelaksanaan model pengembangan keprofesionalan osen politeknik di politeknik; (6) tidak ada perbedaan yang signifikan antara model pengembangan keprofesionalan dosen politeknik di empat politeknik.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan tinggi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 19 May 2017 02:41 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 02:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49227 |
Actions (login required)
View Item |