FAKTOR PENGHAMBAT PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PIYUNGAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Asri Diyah, Kusumawardani (2017) FAKTOR PENGHAMBAT PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PIYUNGAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ASRI DIYAH K_13601241112.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul saat Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 2 Piyungan Bantul. Permasalahan tersebut adalah terhambatnya 6 peserta didik kelas VII dalam mengikuti pembelajaran senam lantai. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dialami 6 peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Piyungan Bantul saat mengikuti pembelajaran senam lantai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, data yang dihasilkan berupa laporan/uraian mengenai hambatan yang dialami 6 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisis data meliputi : data reduction, data display, data conclusion/verivication. Penelitian ini menghasilakan faktor-faktor yang menghambat 6 peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Piyungan Bantul dalam pembelajaran senam lantai yang meliputi: faktor fisik (obesitas, cacat ringan maupun berat) yang berdampak pada faktor psikologis berupa kurangnya percaya diri dan minat peserta didik pada materi tersebut. Faktor guru, guru yang cenderung galak akan menurunkan minat peserta didik untuk mengikuti pembelajarannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peserta didik , senam lantai, pembelajaran
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 May 2017 01:44
Last Modified: 17 May 2017 01:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49185

Actions (login required)

View Item View Item