Dewi, Anita Oktariana (2016) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI MUSIK PADA SISWA SMP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
SKRIPSI Anita Oktariana Dewi.pdf Restricted to Registered users only until 2026. Download (33MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk media pembelajaran seni musik yang dikembangkan bagi siswa SMP kelas 9 yang dikemas dalam bentuk game edukasi. (2) mengetahui kelayakan produk yang telah dihasilkan. Materi yang dimuat dalam produk ini yaitu mengenai keunikan dan jenis alat musik pada ragam musik mancanegara yang ada di Asia. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model yang digunakan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Magelang dengan subjek uji coba terbatas sebanyak 5 siswa dan 1 guru seni musik. Uji coba lapangan sebanyak 31 siswa kelas 9. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Validasi instrumen serta validasi desain produk dikonsultasikan dengan para ahli. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif. Skala pengukuran menggunakan rating scale. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) media pembelajaran seni musik mancanegara kelas 9 dikemas dalam bentuk game edukasi dengan judul “Petualangan Asia”. (2) produk yang dihasilkan masuk dalam kategori layak. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi para ahli dan uji coba lapangan dengan perolehan angka persentase dari validasi ahli media sebesar 96,4%, ahli materi sebesar 65%, sedangkan kelayakan hasil uji coba lapangan sebesar 83%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Musik |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Musik FBS |
Date Deposited: | 15 May 2017 03:55 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49178 |
Actions (login required)
View Item |