MINAT DAN MOTIVASI UMAT MENJADI PEMAIN GAMELAN PADA PERAYAAN EKARISTI DI GEREJA HATI SANTA PERAWAN MARIA TAK BERCELA KUMETIRANYOGYAKARTA

Wicaksono, Abednego Banni (2016) MINAT DAN MOTIVASI UMAT MENJADI PEMAIN GAMELAN PADA PERAYAAN EKARISTI DI GEREJA HATI SANTA PERAWAN MARIA TAK BERCELA KUMETIRANYOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
burn!.pdf
Restricted to Registered users only until 2026.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan minat dan motivasi umat menjadi pemain gamelan pada perayaan ekaristi di Gereja Hati Santa Perawan Maria Tak Bercela Kumetiran Yogyakarta. Hal ini dilakukan dengan alasan bahwa minat dan motivasi sangat diperlukan agar seorang individu mempunyai dorongan dan gairah untuk mencapai suatu tujuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bersifat mendeskripsikanatau menggambarkan suatu masalah secara apa adanya dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Angket yang digunakan bersifat tertutup dimana sudah disediakan 4 pilihan jawaban yaitu sangat setuju, setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Skor nilai 4 untuk jawaban sangat setuju, 3 untuk setuju, 2 untuk tidak setuju, dan 1 untuk sangat tidak setuju. Sebelum digunakan, instrumen penelitian sudah disetujui oleh expert dan sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas sehinggan instrumen penelitian layak untuk digunakan.Instrumen penelitian terdiri dari 30 pernyataan dengan 6 indikator yaitu perhatian, ketertarikan, pengetahuan, harapan, manfaat, dan eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat dan motivasi umat menjadi pemain gamelan ternyata masih rendah.Hal ini disebabkan oleh jumlah skor responden pada beberapa indikator dibawah rata-rata. Pada indikator harapan, dengan skor mean teoritiksebesar 27,5 responden yang dibawah nilai mean ada 17 responden, dan hanya 13 responden yang diatas rata-rata, begitu juga dengan indikator manfaat dan eksternal, sehingga secara keseluruhan minat dan motivasi umat berada pada kategori rendah yaitu sebesar 90%. Akan tetapi, masih ada pemain gamelan yang memiliki minat dan motivasi yang tinggi yaitu sebesar 10% yang dapat dilihat pada indikator perhatian, keingintahuan, dan pengetahuan, dimana dari ketiga indikator tersebut para responden memiliki minat dan motivasi yang tinggi terhadap gamelan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 15 May 2017 03:23
Last Modified: 30 Jan 2019 14:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49174

Actions (login required)

View Item View Item