Komparasi Pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Cooperative Learning Tipe TGT terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Jumeneng Mlati

Listyaningrum, Prabandari (2017) Komparasi Pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Cooperative Learning Tipe TGT terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Jumeneng Mlati. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-prabandari-listyaningrum-117122510028.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning di kelas III SDN Jumeneng Mlati, (2) mendeskripsikan pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe TGT di kelas kelas III SDN Jumeneng Mlati, dan (3) mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika dari siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe TGT dalam pelajaran matematika di kelas III SDN Jumeneng Mlati. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan memberikan perlakuan dalam bentuk model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan dua kelas: kelas eksperimen satu yang diberikan perlakuan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan kelas eksperimen dua yang diberikan perlakuan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe TGT. Penelitian ini menggunakan tiga variabel, yaitu (1) dua variabel bebas yang berupa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Cooperatif Learning tipe TGT, (2) variabel terikat yang berupa prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan sampel penelitian sebanyak 64 siswa, yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen satu dengan diberikan perlakuan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan 32 siswa kelas eksperimen dua dengan diberikan perlakuan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe TGT. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis uji t. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Prestasi belajar yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yaitu siswa yang memperoleh nilai matematika lebih dari atau sama dengan 70 sebanyak 11 siswa (34,37%). (2) Prestasi belajar yang menggunakan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe TGT yaitu siswa yang memperoleh nilai prestasi belajar matematika lebih dari atau sama dengan 70 sebanyak 19 siswa (59,37%). (3) Tidak terdapat perbedaan hasil prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe TGT. Karena harga t hitung 0,965 lebih kecil dari t tabel, yaitu harga signifikansi 5% yaitu 2,042, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho gagal ditolak dengan kata lain tidak ada perbedaan hasil prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran, matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 May 2017 03:51
Last Modified: 29 Jan 2019 12:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49109

Actions (login required)

View Item View Item