PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2016/2017

Rusdiana, Risa (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RISA RUSDIANA (13804241064).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2016/2017 melalui penerapan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kompetensi Dasar yang dipelajari siswa dalam penelitian ini adalah Mengenal Jenis Produk dalam Bursa Efek. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes hasil belajar kognitif kemampuan berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi, lembar observasi motivasi belajar, vignette, serta lembar observasi hasil belajar afektif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi pada Kompetensi Dasar Mengenal Jenis Produk dalam Bursa Efek siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor motivasi belajar ekonomi siswa dari siklus I sebesar 78,7% meningkat menjadi 87,7% di siklus II. Hasil belajar aspek kognitif kemampuan berpikir tingkat rendah siswa siklus I dengan rata-rata sebesar 74,25 dengan prosentase ketuntasan 75% meningkat menjadi 79,29 dengan prosentase ketuntasan 80,60% di siklus II. Prosentase ketuntasan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa meningkat dari siklus I sebesar 67,9% menjadi 80,6% di siklus II. Ketuntasan hasil belajar afektif siswa meningkat dari siklus I sebesar 78,57% menjadi 87,09% pada siklus II. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS), Motivasi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 12 May 2017 03:25
Last Modified: 30 Jan 2019 14:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49091

Actions (login required)

View Item View Item